29 October 2009

Menambah Fonts Windows ke Ubuntu


Kita mungkin pernah mengalami hal yang tidak kita inginkan saat mengetik dokument di open office menggunakan linux. Disini sama seperti yang pernah saya alami, dimana saat kita diwajibkan mengetik dengan menggunakan fonts yang hanya disertakan dalam OS tetangga. Sempet bingung juga karena ternyata fonts nya tidak kita temukan.
Nah disini, kita akan coba untuk menginstall fonts tersebut ke Linux. Disini saya menggunakan Ubuntu 9.04 yang nyaman untuk dipakai sehari hari. Meski tgl 29 Oktober 2009 akan dirilease Ubuntu 9.10 Carmic Koala ;) dan bebas untuk di download. Ini neh apa yang saya pakai untuk menginstall fonts tersebut. Karena PC saya terhubung dengan jaringan internet, sehingga saya memilih menginstallnya langsung dari sana. Dan ternyata caranya sangat mudah. Cukup satu baris perintah Jo!
Dari terminal ketikkan


#sudo apt-get install msttcorefonts

lalu tunggu biar komputer kerja sendiri, dan kita g perlu repot2 bikin minum, karena biasanya proses ini berjalan singkat ;)

Setelah semua proses tadi selesai, yang harus kita lakukan agar fonts tersebut bisa dipakai adalah dengan jalan log off dan login kembali. Singkat kan?

Oye.. kalau males untuk log off dan login, ternyata kita juga bisa merefreshnya untuk memperbaharui cache Ubuntu kita dengan perintah :
#sudo fc-cache -fv

kemudian untuk melihat perubahannya,maka tutuplah aplikasi yang sedang berjalan, kemudian bukalah (misalnya) Open office dan dzink.... fonts OS tetangga udah ada di Linux kita.. :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive