30 November 2010

Install XAMPP for Linux di Ubuntu

XAMPP for Linux


Install XAMPP for Linux Step by Step


File Download tersebut memiliki size sekitar 64 MB


xampp-linux-1.7.3a.tar.gz Apache 2.2.14, MySQL 5.1.41, PHP 5.3.1 & PEAR + SQLite 2.8.17/3.6.16 + multibyte (mbstring) support, Perl 5.10.1, ProFTPD 1.3.2c, phpMyAdmin 3.2.4, OpenSSL 0.9.8l, GD 2.0.1, Freetype2 2.1.7, libjpeg 6b, libpng 1.2.12, gdbm 1.8.0, zlib 1.2.3, expat 1.2, Sablotron 1.0, libxml 2.7.6, Ming 0.4.2, Webalizer 2.21-02, pdf class 009e, ncurses 5.3, mod_perl 2.0.4, FreeTDS 0.63, gettext 0.17, IMAP C-Client 2007e, OpenLDAP (client) 2.3.11, mcrypt 2.5.7, mhash 0.8.18, eAccelerator 0.9.5.3, cURL 7.19.6, libxslt 1.1.26, libapreq 2.12, FPDF 1.6, XAMPP Control Panel 0.8, bzip 1.0.5, PBXT 1.0.09-rc, PBMS 0.5.08-alpha, ICU4C Library 4.2.1
MD5 checsum: 89c13779cf6f0925d5c1c400d31a1cc3
Upgrade 1.7.2 ke 1.7.3.a KIta bisa memilih paket ini bila ingin mengupgrade XAMPP

  • Step 2: Installation
Setelah download selesai, maka xtracklah file tadi dengan perintah :

sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt

Apabila kita telah memeiliki installasi XAMPP sebelumnya, maka hal ini akan mereplace installasi tersebut. Setelah proses selesai, maka XAMPP telah terinstall pada direktori /opt/lampp

  • Step 3: Start
Untuk memulai XAMPP kita bisa dengan mengetikkan perintah berikut :

/opt/lampp/lampp start

maka dilayar akan muncul hasil eksekusi tersebut seperti...

Starting XAMPP 1.7.3a...
LAMPP: Starting Apache...
LAMPP: Starting MySQL...
LAMPP started.

Artinya Apache dan MySQL telah berjalan.

  • Step 4: Test

Untuk mengecek apakah proses tersebut benar-benar berhasil, maka bisa kita lakukan dengan  mengetikkan

http://localhost

pada internet browser kita.

Untuk keamanan, maka setelah selesai installasi, di terminal ketikkan perintah berikut :

/opt/lampp/lampp security

yang keluar mungkin seperti berikut ( tinggal  atur ini itunya disana.. ;)  ) :

XAMPP: Quick security check...
XAMPP: Your XAMPP pages are NOT secured by a password.
XAMPP: Do you want to set a password? [yes] yes (1)
XAMPP: Password: ******
XAMPP: Password (again): ******
XAMPP: Password protection active. Please use 'lampp' as user name!
XAMPP: MySQL is accessable via network.
XAMPP: Normaly that's not recommended. Do you want me to turn it off? [yes] yes
XAMPP: Turned off.
XAMPP: Stopping MySQL...
XAMPP: Starting MySQL...
XAMPP: The MySQL/phpMyAdmin user pma has no password set!!!
XAMPP: Do you want to set a password? [yes] yes
XAMPP: Password: ******
XAMPP: Password (again): ******
XAMPP: Setting new MySQL pma password.
XAMPP: Setting phpMyAdmin's pma password to the new one.
XAMPP: MySQL has no root passwort set!!!
XAMPP: Do you want to set a password? [yes] yes
XAMPP: Write the passworde somewhere down to make sure you won't forget it!!!
XAMPP: Password: ******
XAMPP: Password (again): ******
XAMPP: Setting new MySQL root password.
XAMPP: Setting phpMyAdmin's root password to the new one.
XAMPP: The FTP password for user 'nobody' is still set to 'lampp'.
XAMPP: Do you want to change the password? [yes] yes
XAMPP: Password: ******
XAMPP: Password (again): ******
XAMPP: Reload ProFTPD...
XAMPP: Done.
(1) Dengan Setting password, maka halaman demo XAMPP pada http://localhost/xampp akan menggunakan password tadi. User name-nya 'lampp' gitu jo..

26 November 2010

Tips : Root Dengan Nautilus / File Explorer Ubuntu

Seringkali kita bingung untuk menggunakan nautilus / file explorer dalam ubuntu sebagai root. Misalnya kita ingin membuat suat folder atau hal lain yang memerlukan hak administrator.
Ada beberapa cara untuk menggunakan hak administrator itu :

Di terminal ketik sudo su (misalnya)

atau kalau ingin benar-benar menggunakan nautilus kita bisa mengetiknya sebagai berikut

sudo nautilus


terminal
nautilus sebagai root
Oia.. saat kita berlaku sebagai root, maka default-nya nautilus akan tampil tanpa make-up.... alias simple. Nah jo.. gitu aja dah :) posting yang ringan-ringan aja sambil nunggu waktu pulang kerja ;)

25 November 2010

Backup Ubuntu Dengan SBackup

Data komputer adalah sesuatu yang vital, karena disana kita menyimpan data-data penting kita. Sayangnya oleh suatu hal, data-data tersebut bisa saja hilang/rusak.Karena alasa tersebut, maka backup adalah salah satu ide yang bagus. Kalau kita menggunakan linux / ubuntu, salah satu yang bisa kita jadikan alat backup adalah SBackup. Selain mem backup dia juga bisa merestore data secara sederhana alias mudah jo.. :)

SBackup

SBackup adalah solusi backup untuk ubuntu yang memungkinkan kita  membackup file dan direktori dan pengaturan lainnya. Hasil dari backup ini bisa kita simpan di komputer lokal, external media maupun dalam direktory / komputer remote.

Install SBackup

Diterminal cukup kita ketikkan
sudo apt-get install sbackup
isikan password administrator yang diminta seperti biasa.

Di Ubuntu 10.10 bisa kita akses dari Applications, Accessories,Simple Backup-Configuration & juga Applications, Accessories,Simple Backup-Restoration sesuai keperluan kita.

Keterangan :

General

Aturan umum tentang SBackup meliputi  penentuan waktu backup, Format kompresi backup dsb
General
Include
Adalah lokasi direktori yang akan dibackup
include
Exclude
Definisi, path, tipe file dsb.
Exclude
Destination
Adalah penentuan lokasi dimana kita akan menyimpan hasil backup-nya
Destination

Schedule
Adalah pengaturan untuk menentukan waktu backup
Schedule
Purging
Tentang perlakuan terhadap backup lama/yang telah dilakukan. Aturlah sesuai dengan keinginan kita, apakah akan menghapus atau membiarkannya (default)
Purging
Apabila semua pengaturan telah sesuai, maka saatnya kita melakukan backup dengan meng-klik menu Tools, Make BAckup Now atau bisa juga dengan icon-nya (gambar harddisk).

Restore Backup
Untuk melakukan restore dari backup yang telah kita lakukan, maka kita bisa memilih menu Accessories,Simple Backup-Restoration. Pilihlah file backup yang ingin kita restore.

:)


Menampilkan Icon Trash Di Desktop Ubuntu

Umumnya saat kita menginstall ubuntu, pada desktopnya tidak muncul icon trash. Nah bagaimana kalau kita ingin menampilkan icon trash (kotak sampah) di desktop ubuntu kita?



Trikny jo..

Tekan kombinasi tombol ALT+F2 ketik gconf-editor


*gconf-editor adalah Gnome Configuration Editor

Cari pada key

apps\nautilus\desktop
app/nautilus/desktop

Pada sisi sebelah kanan checklist trash_icon_visible

atau kalau perlu juga lakukan hal yang sama pada volumes_visible
udah jo.. :)

Ni view-nya jo..
Desktop 

19 November 2010

FTP Server - Client

FTP adalah suatu protokol transfer file untuk pertukaran file melalui basis TCP/IP. Dalah hal ini ada 2 bagian yang berpengaruh yaitu FTP Server dan FTP Client. Dimana FTP server adalah menjalankan software untuk memberi layanan tukar menukar file ketika mendapatkan permintaan dari FTP Client. Sedangkan FTP Client ada;ah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk pertukaran file/data. Ketika telah terhubung, maka client dapat mendownload, upload, men-delete/hapus dll sesuai aturan yang diterapkan oleh ftp server (permission).

Tujuan dari FTP server diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. sharing data
  2. menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  3. transfer data yang efisioen
  4. menjadi remote penyimpanan data komputer

Contoh FTP Client yang bisa kita install di Ubuntu adalah :

File Zilla

Cara installnya, dari terminal cukup kita ketikkan :

sudo apt-get install filezilla

Filezilla

Gftp, banyak digunakan pada sistem unix dan bisa juga di Mac OSX, menyertakan GUI (dg utility GTK+) dan juga CLI (Command LIne Interface).
Cara Install di ubuntu

sudo apt-get install gftp
gftp
Fireftp, adalah sebuah crossplatform FTP client untuk Mozilla Firefox. Bisa didownload dari : http://fireftp.mozdev.org/

Sitecopy

Install sitecopy di ubuntu

sudo aptitude install sitecopy

Dan masih banyak lainnya :)

14 November 2010

Mudah Install VLC PLayer di Ubuntu

Ternyata dah lama banget ga update blog ini :( kasian banget dech. Tp bukannya ingin menelantarkannya loh.. cuma emang kemarin agak-agak sibuk ( atau menyibukkan diri) yah? :)) ah nevermind.. Pokoknya malem ini mau update. Yang ringan-ringan aja, sekaligus my first update dari Ubuntu 10.10

VLC Player, salah satu player favoritku. "It plays everything!" ya seperti itu mungkin slogannya. Tapi kenyataannya ini adalah salah satu player yang bagus. Memang saat kita install ubuntu disana udah ada media player juga totem, tapi.. ah pokoknya ini aku suka dah.

Proses Install :

1. Pastikan komputer terkoneksi dengan jaringan internet

2. Ketikkan di terminal #sudo apt-get install vlc
Ketikkan sudo apt-get install vlc di terminal

3. Isikan password yang diminta, dan tunggu sejenak sampai proses download dan setup-nya selesai.

4. Ok.. Selesai prosesinya, buka dari menu Applications, Sound & Video , VLC media player.


5. Silahkan menikmati pertunjukkannya..

VLC saat memeinkan file mp3
 6. Atur beberapa parameter, dan jangan lupa bikin playlist yah? Atur juga equaliser, video dan... ah banyak.. silakan di explore aja dah... :))

Ini beberapa screenshot yang bisa diambil dengan Take Screenshot Ubuntu 10.10

About
Atur ini sesuai selera
VLC Play Video


Penasaran dengan format media yang di suport VLC ? check disini

09 November 2010

10 Fenomena Antariksa


1. Tabrakan Antar Galaksi

Ternyata galaksi pun dapat saling memakan satu sama lain. Yang lebih mengejutkan adalah galaksi Andromeda sedang bergerak mendekati galaksi Bima Sakti kita, dan gambar di atas itu adalah simulasi tabrakan antar galaksi.

 

2. Quasar

Quasar tampak berkilau di tepian alam semesta yang dapat kita lihat. Benda ini melepaskan energi yang setara dengan energi ratusan galaksi yang digabungkan. Bisa jadi quasar merupakan black hole yang sangat besar sekali di dalam jantung galaksi jauh. Gambar ini adalah quasar 3C 273, yang dipotret pada 1979.

02 November 2010

install microsoft loopback adapter windows 7

tidak hanya cukup mencari add hardware di control panel.
di windows 7 ternyata harus ada penambahan khusus untuk mencari add hardware tersebut.
. cari cmd di start menu klik kanan run as administrator
. tulis hdwwiz.exe
. maka akan muncul wizard add hardware
. instal manual
. cari microsoft
. microsoft loopback adapter
. next n finish

semoga membantu