27 September 2011

Membuka File winmail.dat Di Ubuntu

Ada temen ane yang nanyain apa sih bro file winmail.dat? Kok gak bisa dibuka yah? Wah.. wah.. wah.. masa seh? Terus apa sih winmail.dat itu?

The winmail.dat file is a container file format used by Microsoft Outlook to send attachments in richtext formatted emails.
File Winmail.dat sebenarnya adalah sebuah attachment TNEF (Transport Neutral Encapsulation Format) yang dikirim oleh aplikasi email client Microsoft Outlook ataupun Outlook Express yang digunakan oleh si pengirim email tadi, karena kekreativannya :)

Mungkin banyak orang yang tidak tahu cara ngebukanya. Mungkin juga bener yah? Tapi karena ane pakai linux, artinya tinggal install aja plikasi untuk membukanya dengan :

sudo apt-get install tnef

Tunggu saja sampai prosesnya selesai, biasanya sebentar.

Cara penggunaannya?

Begini jo

tnef file-winmail.dat


Cuman seperti itu? yah.. sesingkat itu. Karena perintah tersebut akan meng-extrack file winmail.dat tersebut dan abrakadabra... Kita akan dapat mengetahui apa gerangan file didalam kontainer tnef winmail.dat tadi.

Hoho.. uyee.. segitu aja jo.. tengkiyu kunjungannya !

23 September 2011

Upgrade Firefox 5.XX Ke 6.XX Ubuntu. Simple!

Mau upgrade browser internet Firefox di Ubuntu yah? Hehe.. emang sih, di firefox Linux tidak ada opsi untuk langsung upgrade dari menu About Firefox, tapi gak usah panik. Kenapa? ya karena kita tetap bisa melakukan upgrade dan tentunya tanpa harus download fresh installer Firefox browser tersebut.

Caranya? Gini jo

  • Buka Synaptic Paket Manager.
  • Ketikkan kata kunci firefox di Quick filternya
  • Select Mark For Upgrade pada paket firefox yang terinstall kini. Disana ada tanda "!" nya jo.
  • Klick Apply
  • Tunggu sampai prosesnya kelar
  • Jalankan Firefox
  • Buka menu Help - About Firefox
  • Udah. :)
Synaptic ManagerSynaptic Paket Manager, setelah upgrade Firefox

Sometimes firefox juga akan menginformasikan pada kita, kalau kita telah melakukan upgrade browser dengan versi baru, dan meminta kita untuk merestart browser ini supaya bisa jalan dengan versi barunya.

Oke jo.. simple kan? Coba deh, coba juga baca artikel lainnya yah? uye..

21 September 2011

LiLi - LinuxLive USB Creator

LiLi atau LinuxLive USB creator adalah sebuah aplikasi berbasis windows [seperti yang ini ] yang berguna untuk membuat Live Linux di USB Flashdisk [ atau ini ] tentunya dalam lingkungan win os. Jadi makin banyak pilihan untuk yang masih awam dengan Linux atau yang mau belajar Linux dengan LiveLinux.

Setelah mendapatkan file masternya, dari windows kita bisa membuat Live USB. Jadi gak perlu burning ke CD / DVD Room. Hm.. sepertinya lebih simple ya?

LinuxLive USB Creator is a free and open-source software for Windows. It will help you in your journey of discovery with Linux.

For you, LiLi creates portable, bootable and virtualized USB stick running Linux.


Tuh kan? So, selanjutnya kita tinggal download saja master LiLi dari situs pengembangnya, di sini! Kalau mau lihat distro yang bisa disuport LiLi ini, kita bisa cek tekape di sini! Aw.. ternyata banyak juga distro yang disuport. cool :)

Oke, kalau downloadnya usah selesai, langsung saja dieksekusi alias di install (di windows ya!). Tapi, biarlah ane kasih screeshot installasinya, ane pake wine.

1. Klick file master hasil download nya

Pilih bahasa installasi
2. Wizard ala installer windows


3. Tentukan target dimana LiLi akan diinstall

Tentukan lokasi LiLi
Kalau udah, klick Install dan tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Installation Complete
Installation Complete, klick Next

5. Klick Finish
Klick Finish dan checklist Run LinuxLive USB Creator biar aplikasi ini akan otomatis dijalankan saat tombol Finish di klick.

20 September 2011

Install JDownloader Di Ubuntu

Downloader? Yap, sebuah aplikasi yang bisa membantu kita untuk bisa malakukan download file atau apalah dari internet. Ada banyak aplikasi downloader yang bisa kita pilih. Termasuk untuk platform GNU/Linux. Kali ini kita pilih jDownloader.

JDownloader adalah aplikasi open source berbasis bahasa Java, yakin temenanlah :). Aplikasi ini dikhususkan untuk mengunduh file(atau apa saja) dari situs Rapidshare. Dengan menggunakan Jdownloader ini, maka pada saat kita mendownload file dari Rapidshare, kita akan dapat me-resume ketika koneksi internet sedang bermasalah. Jadi tidak perlu takut untuk mengulang dari awal lagi... cleguk.

Installasi


Edit file /etc/apt/sources.list

sudo gedit /etc/apt/sources.list dan tambahkan baris berikut pada bari terakhir.

deb http://ppa.launchpad.net/jd-team/jdownloader/ubuntu natty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/jd-team/jdownloader/ubuntu natty main


** natty, sesuaikan dengan versi ubuntu anda ( maverick, lucid, karmic, hardy ). .

Simpan, keluar dari editor,update dan install dengan

sudo apt-get update && sudo apt-get install jdownloader

Kalau kita berhasil menginstallnya, maka JDownloader akan ada di menu Applications - Internet - JDownloader.

Saat kita menjalankan JDownloader pertama kali akan melakukan update, ikuti saja prosesnya sampai selesai.
Update JDownloader

JDownloader ready
Cukup segitu doang jo.. Silahkan baca postingan lainnya yah? :)

Mobile Media Converter! Install dan Operasionalnya Di Ubuntu



Konversi media file saat ini bukan hal yang aneh dilakukan. Pun demikian oleh kita yang menggunakan GNU/Linux sebagai platform pilihan. Dulu pernah juga saya install dan menggunakan winff sebagai konverter media, kali ini saya pakai Mobile Media Converter sebagai mitra saya :) Tentu dengan berbagai alasan yang logis dong..

The Mobile Media Converter is a free video and audio converter for converting between popular desktop media formats like MP3, Windows Media Audio (wma), Ogg Vorbis Audio (ogg), Wave Audio (wav), MPEG video, AVI, Windows Media Video (wmv), Flash Video (flv), QuickTime Video (mov) and commonly used mobile devices/phones formats like AMR audio (amr) and 3GP video. iPod/iPhone and PSP compatible MP4 video are supported. Moreover, you can remove and add new formats or devices through the internet.

Nah sedikit jelas kan penjelasannya? Oke sekarang giliran installasi dan operasionalnya :

  • Download installernya disini
  • Install dengan double klick dan tunggu sampai prosesnya selesai
  • Jalankan aplikasinya dari Application - Sound & Video - Mobile Media Converter

Antarmuka MMC

Pilih File yang akan di convert dan path Outputnya

Proses Konversi, setelah tombol Convert! di klick

Proses Konversi selesai

Demikianlah jo MMC ini, moga bisa bermangpaat untuk yang membutuhkannya. Amin.. Thanks jo untuk kunjungannya.. piss

15 September 2011

ClearOS Family

ClearOS is a family of operating systems for the enterprise, small business, and home. There are three editions to choose from depending on your needs and suitable to your abilities. They are: ClearOS Enterprise, ClearOS Home, and ClearOS Core.

ClearOS Enterprise is a powerful network and gateway server designed for small organizations and distributed environments. Though ClearOS Enterprise comes with an extensive list of features and integrated services (see sidebar), the solution is easy to configure thanks to the intuitive web-based interface.

ClearOS Enterprise is a server, network, and gateway platform designed for small businesses and distributed enterprise environments. ClearOS Enterprise is based upon ClearOS Core which is a rebuild of Red Hat Enterprise Linux. The distribution is flexible and includes an extensive list of features and integrated services which can be configured through a web-based interface. Some of the tools found in ClearOS Enterprise include anti-virus, anti-spam, VPN, content filtering, bandwidth manager, file services, SMTP services, print services, SSL certification, and web services. ClearOS includes a marketplace which simplifies the installation of software including 3rd party modules. The distribution is provided as a free download, inclusive of basic OS updates with free registration.

ClearOS Enterprise
ClearOS Home is an easy to use server, network and gateway platform designed for home environments. ClearOS Home comes with an extensive list of features and integrated services for the home user and computer enthusiast (see sidebar). It is easy to configure thanks to the intuitive web-based interface. ClearOS Home will be released soon and will be a developing work in progress.
ClearOS HomeClearOS Core is a multipurpose, enterprise-ready platform designed for businesses. It features scalable network technologies. It is managed using traditional Linux tools. ClearOS Core features web, database, high availability and desktop features.

Opensource and free.

The open source revolution in the software industry has made it possible to provide all versions of ClearOS at no cost. ClearOS Enterprise and ClearOS Home include out-of-the-box features including: antivirus, antispam, VPN and content filtering are built right into the software -- no need for expensive third party add-ons. With ClearOS, you can avoid costly vendor lock-in and proprietary formats; instead, you can embrace open standards and protocols.

Live Demo
Download

About :
  • Based on: Fedora, Red Hat
  • Origin: Canada
  • Architecture: i386, x86_64
  • Desktop: GNOME, KDE
  • Category: Desktop, Firewall, Security, Server

11 September 2011

Ping-Eee OS 11.04 - Netbook OS Remaster Ubuntu


Pinguy telah merelease Ping-Eee OS 11.04 yang merupakan OS untuk netbook berbasis pada distro ubuntu.

Dalam releasenya Pinguy OS akan hadir dengan :
  • Docky
  • Nautilus elementary
  • Firefox
  • Thunderbird
  • Skype
  • LibreOffice
  • Dropbox
  • Deluge
  • Empathy
  • VLC
  • Deja Dup backup tool
  • Linux Mint Update Manager
  • wine dsb yang disesuaikan dengan kebutuhan netbook
Dalam release ini juga disertakan extra WiFi driver untuk berbagai device yang memungkinkan peralatan WiFi netbook kita akan dapat di suport oleh OS ini.

Kalau mau menjajal Pinguy ini, kita bisa download terus di install dech.. :)

Download Ping-Eee OS 11.04 32 bit

09 September 2011

Audacious Dengan Winamp Equalizer Preset


Kemarin kita telah membahas bagaimana caranya mengubah theme audacious dengan menggunakan theme/skin winamp classic.

Nah sepertinya akan lebih afdol kalau kita juga coba untuk bisa menggunakan audacious dengan preset equalizer seperti pada winamp. Mau? Mau? Mau?

Aw, mau dong.. :)

Oke gini aja yang simple biar gak ribet :

  • Download file presetnya di sini
  • Extract file hasil download tadi dengan gunzip eq.preset.gz
  • Copy file eq.preset ke /home/**user/.config/audacious [**user sesuaikan dengan user kita]
i.e :
cp eq.preset /home/joherujo/.config/audacious
  • Buka audacious, pilih EQ (Equalizer) Preset
  • Pilih EQ preset yang kita mau :)
Nah segitu dulu jo.. makaci uda bekunjung ke tempat ini.

Audacious Dengan Skin Winamp Classic


Audacious adalah salah satu media player yang cukup handal untuk meminkan file-file audio. Audacious bisa dikatakan winamp-nya linux. Karena memang memiliki banyak sekali kesamaannya. Pokoknya mirip banget dah.

Kalau belum memiliki audacious pada sistem ubuntu, kita bisa menginstallnya dengan :

sudo apt-get install audacious

Isi password root dan tunggu sampai prosesnya selesai. Saat pertama kali dijalankan, maka pasti kita akan langsung ngeh dengan winamp player. Karena emang tampilannya yang mirip banget.

Gak cuma mirip secara tampilan, ternyata kita juga bisa menggunakan skin winamp klasik di audacious ini.

Caranya?

  • Extract dengan perintah tar zxvf 64790-Winamp.tar.gz, dan copy-kan file hasil extract tadi ke /usr/share/audacious/Skins dengan perintah : sudo mv Winamp /usr/share/audacious/Skins (**Winamp adalah file hasil extract dari 64790-Winamp.tar.gz, bisa juga setelah proses extract selesai kita rename dengan nama lain, misal WinampClassic)
  • Jalankan audacious
  • Klick menunya/atau klick kanan pada playernya, Preference, Pilih Skined Interface. Disana ada beberapa skin bawaan audacious ini.
  • Pilih Skin Winamp tadi

Jreng..













08 September 2011

EasyPeasy Linux OS For Netbook


EasyPeasy is a lightweight open source operating system (OS) for your netbook or ultra portable laptop. The OS is optimized for web surfing and provides easy access to your favorite Internet applications like Skype, Firefox, etc. EasyPeasy is designed for low power consumption, because we know that your battery life time is important to your mobile lifestyle.

EasyPeasy strives to offer you:

  • An instant online and social desktop using cloud computing services
  • An environment-friendly and green OS designed for low power consumption
  • Access to your favorite applications and services, whether they are open source or proprietary

Social Operating System

Get social with MeMenu and your favorite social applications like Facebook, Twitter and Flickr. EasyPeasy strives to be your social netbook operating system and provides you with the coolest web applications whether they are proprietary or open source.

Open Source OS

Using an open source netbook OS should not be limited to open source applications. EasyPeasy’s ethos is openness and freedom of choice, and provides you with options from the best of both worlds.

Low Power Consumption

Use your netbook without having to re-charge all the time. EasyPeasy is optimized for low power consumption and was from the early start developed with good battery performance and mobility in mind.

Cloud OS

EasyPeasy is designed for the cloud. It is configured with Wifi and wireless drivers that enable you to easily connect your netbook to the Internet and enjoy web applications straight from the desktop.

Download
Installed on USB Flashdisk
Installed on USB Flashdisk (Windows)