29 October 2011

Install + konfigurasi NTP server di debian 6 squeeze


Berhubung saya masih dalam tahap pembelajaran LKS, kali ini saya kembali akan memposting tentang hal-hal yang berhubungan dengan administrasi server di debian. Postingan kali juga melanjut postingan saya yang kemaren tentang Instalasi virtualbox + phpvirtualbox juga tentang Instalasi snort. Silahkan dibaca-baca lagi aja postingan saya tersebut.

Ngomong-ngomong soal NTP, sebenernya NTP itu apa sih? mengutip dari wikipedia, NTP adalah sebuah protocol untuk meng-sinkron-kan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Jadi itu fungsinya biar nanti jam di komputer client akan sama persis dengan jam yang ada di server jaringan kita.

Cara menginstallnya sangat mudah sekali cukup dengan memasukkan DVD 1 debian squeeze kedalam CD rom, kemudian mengetikkan

# apt-get install ntp ntpdate

Lalu edit file konfigurasinya.

# nano /etc/ntp.conf

Tekan ctrl + w, lalu ketikkan kata kunci iburst.

Click to Reveal!:




Nanti pada bagian server 0.debian.ntp.org iburst dynamic kalian edit menjadi server id.pool.ntp.org iburst dynamic. terus kasih tanda pagar di depan yang tulisan server 1, server2, server3 dibawahnya sehingga menjadi seperti ini.

server id.pool.ntp.org iburst dynamic
#server 1.debian.pool.ntp.org iburst dynamic
#server 2.debian.pool.ntp.org iburst dynamic


Click to Reveal!:



Lalu tekan lagi ctrl + w dan cari kata kunci 123.0.

Click to Reveal!:



Akan ketemu baris restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255 notrust. Tambahkan dibawahnya baris dengan rumus restrict a.b.c.d mask e.f.g.h nomodify notrap dimana a.b.c.d adalah network IP anda (misalnya 192.168.7.0) dan e.f.g.h adalah broadcast address jaringan anda. Ini gunanya untuk memperbolehkan IP atau network mana saja yang diperbolehkan untuk mengakses NTP server. Kalau tidak mau repot, bisa menggunakan restrict 0.0.0.0 mask 0.0.0.0 nomodify notrap untuk memperbolehkan semua IP.

Click to Reveal!:


Kemudian save dan tutup filenya..

Sekarang kita stop dulu service NTP nya :

# /etc/init.d/ntp stop

Mensinkronisasikan komputer kita ke server induk, dengan mengetikkan perintah seperti ini :

# ntpdate id.pool.ntp.org

Jalankan kembali service NTP nya :

# /etc/init.d/ntp start

Click to Reveal!:



Nanti dari sisi client yang berOS Wind*s, tinggal klik lambang jam di panel, dan atur waktunya dengan internet time. Isi ip server kita, misal 192.168.7.1, ga perlu lagi mengisikan id.pool.ntp.org, karena waktu dari server induk udah di sinkron ke server lokal jaringan kita.

Kalo di client Ubuntu, tinggal ketik saja di terminal perintah ini :

$ sudo ntpdate 192.168.7.1

Click to Reveal!:



Sama dengan perintah tadi bukan? Ya, tinggal diganti saja id.pool.ntp.org nya dengan IP server jaringan lokal kita.

Begitulah cara konfigurasi NTP server di Debian. Kalo ada masalah, komen saja dibawah.

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive