02 December 2011

Cara membuat judul posting sebelum judul blog agar lebih SEO Friendly


Siang ini saya baru saja mendapatkan ilmu baru tentang teknik SEO. Apa sih SEO itu? Kita ulas dikit aja yah, SEO alias Search Engine Optimization (bener ga? :D) adalah suatu teknik agar website/blog kita mudah ditemukan oleh search engine seperti google, yahoo, maupun bing. Karena, saat ini keberadaan search engine - search engine ini memang sangatlah penting. Hampir semua pertanyaan pasti ada jawabannya disitu. Orang kalau berinternet, pasti tidak lepas dengan yang namanya search engine. Lalu tujuannya apa? Ya tentu saja agar website kita ramai oleh pengunjung. Siapa sih yang enggak mau kalo blog/websitenya ramai dan disukai banyak orang? Tapi pertanyaannya, kok bisa sih blog kita ramai hanya dengan masuk ke halaman pertama search engine? Ya iyalah! Coba, kalian kalo lagi mencari suatu berita di google, bukankah website yang paling pertama kalian klik adalah web yang berada paling atas di halaman pertama bukan? Setelah itu baru mengklik web-web yang berada dibawahnya. Dan biasanya, setelah halaman pertama habis, orang akan lebih memilih untuk mengganti kata kuncinya daripada mencari-cari lagi ke halaman berikutnya. Hampir kebanyakan orang selalu berbuat begitu. :)

Nah, lalu gimana caranya? Ada banyak sekali teknik-teknik SEO untuk membuat blog kita masuk ke halaman pertama search engine. Dan saya masih terlalu cupu untuk membaginya semua disini karena Saya juga masih sama-sama belajar kok. :p Kapan-kapan akan kita ulas dan coba satu persatu, oke? :)

Saya sudah menerapkan beberapa teknik SEO di blog saya ini, salah satunya adalah dengan membuat judul posting sebelum judul blog agar lebih SEO Friendly. Fungsinya apa? Coba kalian perhatikan gambar dibawah ini :


Yang nomor 2 adalah blog saya, dan yang nomor 1 adalah blog seseorang yang saya buat sebagai contoh saja. Pada gambar blog 1, terlihat kalau url blognya adalah kudoheaven.blogspot.com dan gambar blog 2 urlnya adalah catatanlinuxku.blogspot.com. Tapi lihat, pada blog 1 tulisan kudo heaven (judul blog) muncul terlebih dahulu dan berada di depan judul postingannya. Sedangkan pada blog 2, tulisan install + konfigurasi NTP server (judul postingan) muncul di depan. Bahkan tidak ada tulisan judul blog sama sekali. Nah seperti itulah salah satu bentuk untuk membuat blog kita menjadi lebih SEO Friendly.

Sekarang caranya gimana? Mudah saja. Kalian masuk ke Dashboard > Design > Edit HTML > Centang Expand Widget Templates. Lalu tekan ctrl + f dan cari kata kunci ini <title><data:blog.pageTitle/></title>. Setelah ketemu, ganti dengan kode skrip berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>


Kemudian simpan.

Efeknya tidak bisa langsung dirasakan saat itu juga, tunggu si robot google mengindeks halaman-halaman blog kalian terlebih dahulu ya. :D

Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive