27 January 2012

Cara membuat Radio Streaming Online di Ubuntu 11.10


Berawal dari saat saya melihat teman saya yang berhasil membuat sebuah server radio streaming online di laptop Windowsnya, satu kata yang saat itu terbersit di benak saya, kereeen. Ya, saya berpikir itu adalah hal yang keren. Saya pun penasaran, bisakah Ubuntu melakukan ini? Setelah googling sana-sini dan mencari beberapa referensi, akhirnya dapet juga tutorial tentang cara membuat radio streaming online di Ubuntu 11.10.

Mari kita mulai, :D

*. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Komputer dengan OS Ubuntu 11.10
- Koneksi internet dengan kecepatan upload minimal 128kbps yang unlimited.
- Internet DJ Console (Download di Ubuntu Software Center)

1. Untuk membuat sebuah Radio Streaming kita memerlukan sebuah server yang menyediakan layanan tersebut. Ada banyak server-server radio streaming semacam ini, tapi disini kita akan menggunakan layanan dari caster.fm. Silahkan masuk ke web tersebut, lakukan registrasi, isi semua form, lakukan aktifasi email akun, login kembali ke caster.fm, lalu masuk ke kontrol panelnya.

Click to Reveal!:





2. Klik Start Server untuk mengetahui server ip dan port radio kalian.

Click to Reveal!:




Catat baik-baik, ini akan kita gunakan nanti.

3. Sekarang install dulu Internet DJ Console nya di Ubuntu Software Center

Click to Reveal!:




4. Setelah terinstall, silahkan dibuka softwarenya lalu masuk ke Output > Configuration > Connection > New dan lakukan konfigurasi seperti dibawah ini.

- server type: icecast 2 master
- hostname: di isi dengan server ip radio kalian
- port number: di isi dengan port radio kalian
- mounth point: /listen.mp3
- login name: source
- password: di isi dengan broadcast pasword kalian (kan tadi waktu register di caster.fm diminta dua password, satu password untuk kontrol panel dan satu untuk broadcast password.)

Click to Reveal!:



Setelah itu klik OK.

5. Selanjutnya pilih tab Format lalu setting seperti ini :

Click to Reveal!:



nb : Untuk bitrate bisa kalian sesuaikan dengan kecepatan internet kalian, tapi jangan kurang dari 32kbps karena nanti kualitas suaranya akan jelek.

6. Kemudian kalian tinggal klik Connect untuk menjalankannya. Indikator lampu warna hijau menandakan kalau koneksinya telah berhasil dan aktif.

Click to Reveal!:





Dan yang terakhir adalah mengetes apakah si Internet DJ Console sudah singkron dengan baik sama si caster.fm, kalian tinggal klik gambar rumah yg ada di samping kanan "stop server" lalu lihat di "now playing" apakah judul lagu yg kalian putar sama seperti yg tertulis di situ atau tidak. Dan, selamat kalian telah memiliki Radio Streaming Online sendiri dengan Ubuntu 11.10 :D

Click to Reveal!:



Semoga bermanfaat :)

Sumber : Ubuntu Indonesia
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive