31 March 2012

Ebook panduan instalasi Fedora 16


Entah kenapa akhir-akhir ini saya punya rasa keinginan yang besar sekali untuk mencoba distro-distro diluar turunan Debian (Ubuntu, Linux Mint, etc). Selain untuk mencari pengalaman baru, yah pastinya juga menambah ilmu saya di bidang Linux juga. Karena Linux itu bukan hanya Debian, Ubuntu, Linux Mint aja kan? Masih banyak distro-distro lain seperti Fedora, Backtrack, Centos, Arch Linux, dll.
Mumpung lagi semangat-semangatnya, saya pun tertarik untuk mencoba Fedora sebagai pilihan pertama saya. Kenapa Fedora? Karena dia juga termasuk salah satu distro turunan distro besar yaitu Red Hat. Selain itu katanya Fedora juga sama mudah dan kerennya seperti Ubuntu.


Hal pertama yang saya lakukan adalah mendownload iso Fedora 16 nya. Jika kalian ingin mendownload juga, bisa pergi ke LINK INI. Setelah mendownload, saya pun mencari tutorial-tutorial yang berkaitan dengan Fedora dan apa aja sih perbedaannya Fedora dengan Ubuntu. Setelah lama kesana kemari dan sempat daftar juga di Forum Fedora Indonesia, akhirnya saya menemukan sebuah link untuk mendownload ebook panduan instalasi Fedora 16 dan pasca instalasinya. Jika kalian ingin mendownloadnya silahkan merujuk ke link dibawah ini.

1. Ebook panduan instalasi basic Fedora 16


DOWNLOAD PANDUAN INSTALASI FEDORA 16

2. Ebook panduan pasca instalasi Fedora 16


DOWNLOAD PANDUAN PASCA INSTALASI FEDORA 16

Untuk review Fedora 16 nya, mungkin akan saya tampilkan di postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat :)

Say thank you to catatanberbisik.blogspot.com

30 March 2012

Indonesia Open Source Award 2012


Wah akhirnya kominfo mengumumkan penggelaran kembali Indonesia Open Source Award di tahun 2012 ini. Kali ini Indonesia Open Source Award memasuki pagelaran yang ke tiga kalinya. Ada sedikit hal yang berbeda di IOSA 2012, Kominfo tidak hanya memberikan penghargaan kepada sejumlah Pemda dan lembaga pendidikan yang dianggap baik menerapkan Open Source dalam sistem komputerisasi kepemerintahan dalam mendukung e-government, maka untuk tahun 2012 ini tidak hanya diberikan kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, namun juga kepada tokoh, komunitas, dan wartawan atas prestasi atau karyanya yang terkait penggunaan peranti lunak Open Source di Indonesia. Wah keren ya, semoga aja sekolah saya masuk. hehehe

Award ini dibagi menjadi tujuh kategori penghargaan:

1. Pemerintah Pusat yang akan diberi penghargaan adalah kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian (K/L) yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Institusi yang dinilai harus mewakili K/L, misalnya seksi, bagian, bidang, kantor, dinas, pusat, biro atau sejenis yang terkait dengan pengelolaan data elektronik atau teknologi/sistem informasi di K/L tersebut.

2. Pemerintah Daerah yang akan diberi penghargaan adalah pemerintah daerah (pemda) provinsi atau kabupaten atau kota yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Institusi yang dinilai harus mewakili pemda prov/kab/kota, misalnya seksi, bagian, bidang, kantor, dinas, pusat, biro atau sejenis yang terkait dengan pengelolaan data elektronik atau teknologi/sistem informasi di pemda tersebut.

3. Sekolah yang akan diberi penghargaan adalah SMA atau MA atau SMK atau MAK yang telah memanfaatkan produk-produk berbasis Open Source paling tidak dalam satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012) untuk salah satu atau lebih kegiatan ini: bahan pengajaran, laboratorium komputer, sistem informasi atau administrasi sekolah, aplikasi jaringan atau infrastruktur komputer sekolah, dan atau alat bantu pendidikan seperti e-learning, alat presentasi guru, dan sebagainya.

4. Mahasiswa yang akan diberi penghargaan adalah mahasiswa perorangan atau kelompok dari perguruan tinggi di Indonesia (akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut , dan universitas) yang telah menghasilkan karya terkait Open Source. Calon penerima penghargaan adalah mahasiswa yang sedang kuliah di tingkat berapa saja, dan mengajukan karya perorangan atau kelompok kepada panitia IOSA 2012. Karya mahasiswa dapat berbentuk software atau sistem komputer (hardware dan software), atau karya kreatif lain yang dihasilkan dengan memanfaatkan produk-produk Open Source seperti film, musik, animasi, grafika, dan sebagainya. Karya harus dilengkapi dokumentasi atau tulisan yang menjelaskan proses pembuatan dan penggunaan atau manfaat karya tersebut. Tiap mahasiswa atau kelompok mahasiswa dapat mengirimkan lebih dari satu karya yang direkomendasikan atau diberi surat pengantar oleh perguruan tinggi tempat kuliah saat ini.

5. Tokoh yang akan diberikan penghargaan adalah personal atau perorangan yang telah berjasa atau berkontribusi dalam pemanfaatan produk-produk Open Source di Indonesia selama paling tidak satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Kontribusi ini bisa dalam bentuk sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Calon penerima pengharagaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan tokoh tersebut.

6. Komunitas yang akan diberikan penghargaan adalah kelompok atau group yang telah aktif paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012) dalam sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Contoh bentuk komunitas adalah KPLI (Kelompok atau Komunitas Pengguna Linux Indonesia) atau komunitas pengguna produk-produk Open Source lainnya, komunitas pengembang, komunitas pebisnis, dan bentuk komunitas Open Source lainnya. Wilayah dan jenis kegiatan komunitas dapat meliputi institusi pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, masyarakat umum, dan lain-lain. Komunitas calon penerima penghargaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan komunitas tersebut.

7. Wartawan yang akan diberi penghargaan adalah personal atau kelompok wartawan yang telah menerbitkan tulisannya di media cetak nasional (majalah, tabloid, atau koran) atau media online selama kurun waktu setahun terakhir (Juli 2011 - Juni 2012). Wartawan calon penerima penghargaan harus mengirimkan bukti tulisan dalam bentuk hardcopy atau softcopy (file hasil scan dalam format jpg, png, atau pdf). Panjang tulisan minimal 400 kata atau 3.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan dapat berbentuk feature, opini, atau kolom.

Informasi lebih lanjut : iosa.web.id

Sumber : tahutek.net

29 March 2012

Membuat Watermark di Libre Office


Kalian tau kan apa itu Watermark? kalo kalian dulunya adalah mantan pengguna setia Microsoft Office pastinya tau apa yang disebut Watermark ini. Watermark adalah sebuah tanda atau background yang berada di belakang teks di dokumen-dokumen office. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :


Nah bila kalian ingin menerapkan watermark ini di Libre Office, silahkan simak tutorial berikut ini :

1. Buka Libre Office kalian, kemudian klik tanda Style and Formatting di sebelah pojok kiri dibawah menu file.


2. Nanti akan muncul sebuah jendela baru seperti ini. Klik Page Style.


3. Klik kanan pada baris Default, pilih modify.


4. Akan muncul sebuah jendela baru lagi, pilih tab Background. Pada menu As, pilih Graphic, pada menu file pilih Browse dan cari file yang akan kalian mau buat menjadi watermark. Kemudian pada menu Type, pilih Area.


5. Dan ini adalah salah satu contoh dokumen saya yang menggunakan watermark :)


nb : skrinsut diatas adalah skrinsut menggunakan open office, tapi sebenarnya saya mengikuti sebuah tutorial di Youtube yang aslinya menggunakan Libre Office.

Semoga bermanfaat :)

26 March 2012

Sakit Gigi & Tips Pengobatannya


hahaha gw lagi sakit gigi nee.. doain yaa biar cepet sembuh :)
Sakit gigi
amatlah menyiksa, bisa terjadi karena beberapa sebab, misalkan :

  • Gigi yang berlubang,
  • Makan atau minum makanan atau minuman yang terlalu manis, terlalu asam atau terlalu dingin.

Jika anda kerap mengalami sakit gigi, ada baiknya anda segera melakukan penanganan sendiri dulu yaitu obat tradisional sakit gigi sebelum ke dokter. Karena memilih cara alami itu lebih tepat.

Untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit gigi, bisa anda coba cara berikut ini :

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu dari sekian obat tradisional untuk sakit gigi yang diklaim efektif meredakan rasa sakit.

Caranya ?

haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar kemudian tempatkan di area yang sakit. Cara ini dinyatakan bisa meredakan rasa sakit, bahkan kadang-kadang bisa menyembuhkan. Selain itu, ada baiknya mengunyah satu siung bawang putih setiap pagi. Cara ini bisa menjaga agar gigi yang telah disembuhkan semakin kuat dan sehat.

Bawang merah

Bbawang merah mengandung komponen antibakteri. Mengonsumsi satu bawang merah setiap hari dengan cara mengunyah terbukti bisa melindungi dari berbagai gangguan gigi. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Dan Anda bisa meredakan gigi yang sedang sakit dengan cara menempatkan sepotong kecil bawang merah di area gigi atau gusi yang sakit.

Jeruk limau

Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya. Jeruk limau dinyatakan bisa mencegah gigi berlubang dan gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan perdarahan pada gusi.

Minyak Cengkeh

Cengkeh dinyatakan efektif meredakan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga mengurangi infeksi karena mengandung properti antiseptik. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan. Cara ini juga bisa meredakan sakit gigi.
Tepung lada

Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi.

Cabai Hijau

Cabai hijau secukupnya dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Avokad

Buahnya bisa dibikin juice & bijinya bisa kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi.

Caranya?


Keringkan/sangrai 1 biji avokad, lalu haluskan sampai menjadi bubuk.
Pemakaian : Masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, lalu tutup dengan kapas.

Nah, semoga itu semua bisa membantu mengurangi rasanya sakit gigi... aw..

23 March 2012

Install Angry Birds Space di Androidmu


Kabar baik untuk para pecinta game Angry Birds, kemarin Angry Birds Space seri terbaru Angry Birds Space akhirnya dirilis untuk versi Android. Angry Birds versi kali ini dijamin membawa pengalaman yang jauh lebih seru dan gameplay yang menarik. Jalan cerita kali ini adalah ketika para babi mencuri telur-telur si burung-burung pemarah ini, mereka tiba-tiba tersedot kedalam sebuah lubang hitam dan kemudian tersesat di galaxy-galaxy baru di luar angkasa. Untungnya, para burung ini juga telah mendapatkan kekuatan-kekuatan baru untuk menumpas para musuhnya! :D

Apa yang baru?

Angry Birds Space memiliki lebih dari 60 level baru dengan setting latar di planet-planet tanpa gravitasi. Mainkan kekuatan-kekuatan baru para superhero burung ini di luar angkasa tanpa batasan langit lagi!




Berminat menginstallnya? Silahkan klik link dibawah ini.

Install angry birds space lewat google play

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

Ubuntu 12.04 akan membawa GNOME Classic ?


Tadi abis liat artikel menarik di forum ubuntu indonesia. Mau tau apa isinya? Ternyata Ubuntu 12.04 kabarnya akan membawa GNOME Classic kembali!

GNOME Classic yang katanya merupakan DE "terbaik" para pengguna Ubuntu ini hadir dengan tampilan yang sama persis seperti seri Ubuntu 10.10 kebawah.


Gnome Classic di Ubuntu 12.04

1. Untuk mengedit/menambahkan applet ke panel, tekan alt + klik kanan.


2. Support Compiz :D


3. Support tema, ikon, dll.

Cara install GNOME Classic di Ubuntu 12.04

Buka Ubuntu Software Center, cari gnome-panel, klik install. Setelah itu logout dan pilih GNOME Classic.


Semoga bermanfaat :)

SUMBER

22 March 2012

Western Digital My Passport Essential SE 1 TB USB 3.0

Western Digital My Passport Essential SE 1 TB USB 3.0
Western Digital My Passport Essential SE 1 TB USB 3.0


Dual USB 3.0 and USB 2.0 interface- A single drive with universal compatibility today and next-generation speed for tomorrow. Use it with USB 2.0 now and step up to USB 3.0 speed when you're ready.

Up to 3x faster transfer rates - When connected to a USB 3.0 port this drive lets you access and save files up to 3 times faster than USB 2.0. Transfer a 2-hour HD movie in just 5 minutes instead of 13 minutes.*

*Performance may vary based on user's hardware and system configuration.

WD quality inside and out - For over 20 years, millions of people worldwide have trusted their data to WD hard drives. We are successful because we understand the importance of your data and our first concern is keeping that data safe.

Maximum capacity - Store all your favorite photos, music, movies, and important files on this high capacity, portable drive.

WD SmartWare™ software - You're in control of your backup. Install all the features, select just the components you need, or if you prefer, choose not to use the software at all.

Automatic, continuous backup - Works quietly in the background to protect your data using minimal PC resources. Whenever you add or change a file it's instantly backed up.

Password protection for privacy - Gain peace of mind knowing that your data is protected from unauthorized access with password protection and encryption.

USB-powered - Powered directly from the USB port on your PC. No separate power supply is needed.

Planet friendly - We designed a small box that uses recycled material and minimizes waste. We encourage you to recycle it.




Buy Now

Cisco-Linksys WRT54GL Wireless-G Broadband Router

Cisco-Linksys WRT54GL Wireless-G Broadband Router
Cisco-Linksys WRT54GL Wireless-G Broadband Router


The Linksys Wireless-G Broadband Router is really three devices in one box. First, there's the Wireless Access Point, which lets you connect both screaming fast Wireless-G (802.11g at 54Mbps) and Wireless-B (802.11b at 11Mbps) devices to the network.


The Linksys-Cisco WRT54GL offers great performance and ease of use -- plus Linux compatibility. See it in detail: front and rear.
There's also a built-in 4-port full-duplex 10/100 Switch to connect your wired-Ethernet devices together. Connect four PCs directly, or attach more hubs and switches to create as big a network as you need. Finally, the Router function ties it all together and lets your whole network share a high-speed cable or DSL Internet connection.

Once your computers are connected to the Router and the Internet, they can communicate with each other too, sharing resources and files. All your computers can print on a shared printer connected anywhere in the house. And your computers can share all kinds of files -- music, digital pictures, and documents. Keep all your digital music on one computer, and listen to it anywhere in the house. Organize all of your family's digital pictures in one place, to simplify finding the ones you want, and easing backup to CD-R. Utilize extra free space on one computer when another's hard drive starts to fill up.

The new push button setup feature makes it easy to configure your wireless devices. Just push the button on the router and on your other SecureEasySetup-enabled wireless device to automatically create an encryption-secured wireless connection. TKIP and AES protects your data and privacy with up to 128-bit industrial-strength encryption. The Router can serve as a DHCP Server, has a powerful SPI firewall to protect your PCs against intruders and most known Internet attacks, supports VPN pass-through, and can be configured to filter internal users' access to the Internet. Advanced configuration is a snap with the web browser-based interface.

With the Linksys Wireless-G Broadband Router at the center of your home or office network, you can share a high-speed Internet connection, files, printers, and multi-player games with flexibility, speed, security and simplicity!

Product Description

The Linksys Wireless-G Broadband Router is really three devices in one box. First, theres the Wireless Access Point, which lets you connect both screaming fast Wireless-G (802.11g at 54Mbps) and Wireless-B (802.11b at 11Mbps) devices to the network. Theres also a built-in 4-port full-duplex 10/100 Switch to connect your wired-Ethernet devices together. Connect four PCs directly, or attach more hubs and switches to create as big a network as you need. Finally, the Router function ties it all together and lets your whole network share a high-speed cable or DSL Internet connection. Once your computers are connected to the Router and the Internet, they can communicate with each other too, sharing resources and files. All your computers can print on a shared printer connected anywhere in the house.

Buy Now

20 March 2012

Cara untuk hanya memperbolehkan ip tertentu meremote server Debian


Sudah lama enggak posting tentang Debian ya. :D Malem ini baru ngoprek-ngoprek lagi nih. Maenan iptables kita. hehehe Setelah bereksperimen-eksperimen kecil, saya mau nge share caranya untuk memperbolehkan ip-ip tertentu saja yang boleh meremote server Debian kita dengan SSH. Tau SSH kan? Pastinya tau lah :D Kesannya sih sepele, tapi menurut saya ini lumayan untuk meningkatkan keamanan server. Bicara tentang keamanan, saya jadi ingat kata-kata guru saya, katanya kalo mau jadi anak jaringan itu kita harus ahli di bidang security. Ayoo kalo kalian suka sama jaringan sering-sering ngoprek yang beginian ya. :D

Langsung aja deh, nih skripnya. Skrip sederhana, tapi bermanfaat :D
  • iptables -A INPUT -p tcp -s 192.168.0.1 --dport 22 -j ACCEPT
  • iptables -A INPUT -p tcp --dport 22 -j DROP
nb : ipnya sesuaikan dengan milik kalian

Kemudian untuk mengeceknya ketikkan perintah iptables -L, jika muncul baris seperti ini, maka perintah diatas telah berhasil.

Chain INPUT (policy ACCEPT)
target prot opt source destination
ACCEPT tcp -- 192.168.0.1 anywhere tcp dpt:ssh
DROP tcp -- anywhere anywhere tcp dpt:ssh

Chain FORWARD (policy ACCEPT)
target prot opt source destination

Chain OUTPUT (policy ACCEPT)
target prot opt source destination


Sekarang coba kalian test untuk meremote server kalian dengan ip selain yang didaftarkan diatas.

Semoga bermanfaat :)

19 March 2012

WiFi Kill - aplikasi pemutus koneksi Wi Fi di Android


Masih ingat dengan postingan install tuxcut dan antinetcut di Linux Mint ? Yap, itu adalah aplikasi pemutus koneksi jaringan di Ubuntu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan aplikasi yang fungsinya sama persis dengan Tuxcut ataupun Netcut tadi, tapi yang ini berbasis Android. Namanya adalah Wifi Kill. Fiturnya keren kok, dan ampuh buat "membunuh" koneksi orang. hohoho

Tertarik mencoba? Download aplikasinya disini http://www.mediafire.com/?6c4yzjr1y2n26n1 kemudian install seperti biasa di Android kalian masing-masing.


Do with your own risk. Tested on Samsung Galaxy Young

Semoga bermanfaat :)

18 March 2012

Install OMG Words di Ubuntu 11.10


Abis jalan-jalan nyari inspirasi buat posting kali ini, saya mendapatkan sebuah info yang menarik. Salah satu situs yang membahas Ubuntu, OMGUbuntu.co.uk membuat sebuah aplikasi untuk melatih ketangkasan mengetik sepuluh jari seperti layaknya Typoo dan Tux Typing. Nama aplikasinya adalah OMG Words!. Melihat dari gameplaynya sepertinya seru lho, yaitu secepat mungkin harus mengetik semua kata yang muncul di layar sebelum jatuh kebawah. :D


Untuk menginstallnya di Ubuntu 11.10 dan 12.04 ikuti cara berikut :

1. Ketikkan perintah ini di terminal :

  • sudo add-apt-repository ppa:tommybrunn/omgwords
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install omgwords
2. Lalu jalankan aplikasinya lewat menu Dash
Semoga bermanfaat :)

LINK SUMBER

17 March 2012

Mengatasi masalah tab completition di Ubuntu 11.10


Hari ini entah kenapa tiba-tiba muncul sebuah problem yang membuat tidak nyaman di mesin Ubuntu saya. Yaitu tidak berfungsinya tombol tab untuk melengkapi baris perintah di terminal. Itu lho, yang misalnya kita mengetik sudo apt-g terus kita tekan tombol tab maka tulisan sudo apt-g tadi langsung otomatis menjadi sudo apt-get. Yap itulah yang namanya tab completition.
Nah, bila kalian mengalami masalah yang sama seperti saya, saya punya solusinya untuk mengatasi masalah tab completition yang tidak berfungsi di Ubuntu.

Yuk langsung aja :

1. Edit file /etc/bash.bashrc

sudo gedit /etc/bash.bashrc

2. Kemudian cari dan edit baris file ini :

# enable bash completion in interactive shells
#if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then
# . /etc/bash_completion
#fi


Hilangkan tanda pagarnya hingga menjadi seperti ini :

# enable bash completion in interactive shells
if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then
. /etc/bash_completion
fi



3. Logout Ubuntu kalian, kemudian log in kembali.

Semoga bermanfaat :)

16 March 2012

Kumpulan Ikon keren untuk Ubuntu


Ayoo, bagi yang suka oprek-oprek desktop Ubuntunya, jangan lewatkan postingan yang satu ini. Karna pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara download dan install ikon-ikon keren yang dapat kalian gunakan untuk dekstop kalian. Tertarik mencoba? Yuk, cekidot :D

1. Faience



DOWNLOAD


2. Meliae Iconset Theme



DOWNLOAD


3. GNOME Colors


Cara install :

sudo apt-get install ppa:gnome-colors-packagers/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-colors


4. Hydroxygen Iconset



DOWNLOAD


5. Humanity Icon Colors Version


Cara install :

sudo add-apt-repository ppa:ravefinity-project/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install humanity-colors


6. Vibrant Icons


DOWNLOAD


7. Awoken


Cara install :

sudo add-apt-repository ppa:alecive/antigone
sudo apt-get update
sudo apt-get install awoken-icon-theme


8. andriX Icon Theme


DOWNLOAD


9. Faenza Icon Theme



Cara install :

sudo add-apt-repository ppa:tiheum/equinox
sudo apt-get update
sudo apt-get install faenza-icon-theme


Bagaimana cara menginstall Ikon yang tidak memakai PPA?

Biasanya untuk menginstal tema ikon berformat tar.gz atau semisalnya, cukup ekstrak file tersebut ke /usr/share/icons/ (dibutuhkan perizinan root). Untuk mengaktifkannya tinggal atur di preferences desktop environment masing-masing.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : Tahutek.net

15 March 2012

Review Linux Mint 12 KDE


Setelah sekian lama saya memimpikan mesin saya ber-OS kan Linux dengan Desktop Environment KDE, akhirnya semalam keturutan juga. :D Awalnya saya bingung mau pakai OS apa diantara Kubuntu 11.10 dan Linux Mint 12 KDE. Akhirnya setelah menimbang-nimbang, pilihan pun jatuh ke tangan Linux Mint 12 KDE. Alasannya apa, sudah pasti karena Linux Mint membawa aplikasi yang lebih lengkap, support yang lebih menjanjikan, dan pastinya saya sudah tidak meragukan kestabilan Linux Mint.

Berikut penilaian singkat saya setelah menggunakan Linux Mint 12 KDE

1. Booting

Booting lumayan cepat, tapi jujur tak secepat Ubuntu 11.10. Plymouthnya juga entah kenapa tidak muncul, hanya tampilan blank hitam saja. Perlu di oprek lagi nih -_-

2. Login Screen


Pas muncul tampilan ini, baru deh kelihatan manisnya. :D Bening euy.. Tapi di Linux Mint 12 KDE ini, login screennya masih menggunakan KDM, belum menggunakan LightDM seperti Ubuntu 11.10. Overall, tetep keren kok. :D

3. Desktop


Masuk ke desktop saya langsung disuguhkan tampilan ciamik khas KDE yang bening-bening gitu. Pilihan wallpaper lumayan banyak, sayangnya pilihan temanya sedikit.

4. Aplikasi


Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan saya yang Review Kubuntu 11.10, saya sedikit bingung dan asing dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Desktop KDE ini. Entah karena memang kebiasaan di GNOME atau gimana, tapi saya kurang suka dengan aplikasi-aplikasi bawaan KDE ini. Contohnya saja Amarok, terlalu ribet dan berat kalo menurut saya. Akhirnya saya lebih memilih untuk menginstall Rhytmbox yang jauh lebih simpel.

Oh iya ada satu lagi kekurangan, setiap aplikasi GNOME yang saya install disini, tampilannya agak mengecewakan. Tampilannya jadi seperti tema ubuntu klasik, tidak mengikuti tema Oxygen dari KDE ini.


5. Hardware

Untuk urusan hardware, seri turunan Ubuntu 11.10 ini memang yang paling top deh. VGA, Sound, Wireless, Bluetooth tidak ada yang perlu diinstall. Semua langsung Ready :D Proses koneksi modem juga mudah banget lewat Wallet Managernya. Jauuh lebih mudah dibanding Network-Manager yang ada di Ubuntu. :D

6. Shutdown

Proses Shutdown juga agak sedikit lama dan tampilan hitam seperti pas booting awal. Ini sungguh mengecewakan bagi saya :( Tapi gapapa lah, mungkin memang karena baru sehari, masih banyak yang perlu di kustomisasi lagi.

Yap, begitulah review singkat saya menggunakan Linux Mint 12 KDE. Overall lumayan sih, tapi masih banyak kekurangannya. Kalo boleh memberi nilai, saya kasih angka 7 untuk desktop KDE ini. Bagaimana menurut kalian?

Semoga bermanfaat :)