29 May 2012

Cara memblok akses Proxy Server dari luar


Kemarin saya iseng-iseng coba mengetes untuk meremote server disekolah saya melalui ip publiknya dan berhasil. Kemudian saya coba tes lagi untuk menggunakan ip server sekolah saya tersebut sebagai proxy dengan menggunakan ISP yang berbeda. Eh ternyata berhasil juga. Lalu saya berfikir, hal ini pastinya akan membebani proses di server saya itu seandainya ada banyak orang yang ikut-ikutan juga memakai server saya sebagai proxy server mereka. Sedangkan penggunaan Proxy server saya itu hanya ditujukan untuk penggunaan jaringan lokal di sekolah saya.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya? Untungnya saya menemukan solusinya di Forum Ubuntu Indonesia barusan. :D Yaitu tinggal menambahkan skrip berikut di /etc/squid/squid.conf :

# Never Allow direct connection to machines on internet
prefer_direct off
never_direct allow all

# Allow direct connection to machines is on LAN
always_direct allow localhost


Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive