31 July 2012

Cara Mengaktifkan User Root di Ubuntu


Seperti yang telah kalian ketahui, di Ubuntu secara default user Root belum aktif seperti layaknya di distro-distro lain seperti Fedora ataupun OpenSuse. Di Ubuntu peran utama user root ini digantikan oleh fungsi sudo (super user do). Akan tetapi sebenarnya di Ubuntu user root ini bisa di aktifkan juga kok. Caranya cukup mudah ternyata, yuk simak postingan ini sampai habis ya. :D

1. Pertama buka terminal dan masuk dulu ke mode root dengan perintah ini :

$ sudo -i

2. Setelah itu eksekusi perintah berikut untuk mengaktifkan sekaligus memberikan password kepada user root :

# passwd

Masukkan password kalian dua kali :

root@empol:~# passwd
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:


3. Setelah itu tutup terminal dan buka kembali terminal, kemudian ketikkan saja perintah ini untuk masuk ke user root :

$ su

Selamat, user root kalian telah aktif sekarang! :D

Semoga bermanfaat :)

30 July 2012

Install Minitube


Pastinya sebagian besar dari kita pernah atau bahkan sering mengunjungi situs youtube dengan berbagai alasan.

Saya sendiri tidak jarang mengunjungi website yang satu ini. Sekedar melihat clip video musik, higlight sepakbola, tips dan banyak lainnya.

Kebanyakan dari kita mungkin melihatnya melalui browser, tapi sebenarnya di linux, khususnya ubuntu seperti yang saya gunakan selama ini, kita bisa melihat video youtube melalui Movie Player, dengan mengganti Playlist ke Youtube di sidebarnya. Kemudian kita ketikkan keyword video yang ingin kita lihat.

Nah, ini ada satu aplikasi yang saya juga suka sekali menggunakannya. Minitube, sebuah aplikasi YouTube di Linux untuk membuka video YouTube client. Pokoknya aplikasi ini, saya kasih jempol dan five star dah :) untuk kinerjanya yang mempesona.

Terus gimana cara install-nya? Simple kok, dengan beberapa step kita sudah memilikinya di desktop linux kita. Ikuti caranya ya.. plis jangan lupa berdoa dulu sebelum mulai :)

  1. Buka terminal Application> Acessories> Terminal
  2. Ketikkan Repository PPA ini : sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
  3. Update Repository dengan perintah : sudo apt-get update
  4. Install Minitube dengan perintah : sudo apt-get install minitube

Nah, dengan empat langkah tersebut, kita sudah memiliki aplikasi handal Minitube untuk melihat video youtube tanpa melalui web Browser :) Caranya pun mudah, cukup ketikka keywornya jo..

Suka, saya suka dah.. beneran....

Cara Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt-fast



Secara default, Ubuntu menggunakan apt-get untuk menginstal paket dan update. Apt-get adalah tool yang bagus tetapi anda bisa mendapatkan kecepatan download  jauh lebih cepat  menggunakan Apt-Fast saat men-download dan memperbarui Ubuntu anda.
Apt-fastt telah diperbarui ke versi 1.6.4, memperkenalkan dialog konfigurasi, selama proses instalasi, dialog langkah demi langkah di mana opsi konfigurasi user yang harus dipilih, sehingga meningkatkan dan memperjelas apt-fast di awal proses konfigurasi.
apt fast 1.6.4 10 412x300 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

apt fast 1.6.4 12 409x300 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

apt fast 1.6.4 34 407x300 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

apt fast 1.6.4 56 410x300 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

apt fast 1.6.4 78 407x300 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

Penggunaannya sangat sederhana seperti mengganti apt-get dengan apt-fast, misalnya:
root@s3kti Aspire 4520  001 580x67 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

root@s3kti Aspire 4520  002 580x60 Mempercepat Download Paket dan Update dengan Apt fast www.tukangubuntu.com

Untuk menginstalnya di Ubuntu (Lucid, Natty, Oneiric, Precise, Quantal), gunakan command berikut:
sudo add-apt-repository ppa:apt-fast/stable 
sudo apt-get update
sudo apt-get install apt-fast axel aria2
 
 
SUMBER 

26 July 2012

Trik Mengatasi Error Man In The Middle Attack SSH


Sudah lama saya sering mengalami masalah ini, yaitu ketika saya sedang meremote sebuah komputer, saya dituduh melakukan serangan man-in-the-middle-attack terhadap komputer yang ingin saya remote tersebut. Padahal saya sendiri tidak tahu apa itu man in the middle attack -__-.
Yap, kalian pasti tahu kalau SSH adalah aplikasi protokol untuk melakukan remote IP. Nah, yang saya maksud error Man In The Middle Attack itu adalah muncul peringatan kira-kira seperti ini :

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ @ WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! @ @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ IT IS POSSIBLE THAT SOMEONE IS DOING SOMETHING NASTY! Someone could be eavesdropping on you right now (man-in-the-middle attack)!

Nah, setelah mencari-cari sekian lama, akhirnya saya pun mengetahui cara untuk mengatasinya. Hal tersebut sebenarnya terjadi ketika semacam key yang kita butuhkan untuk konek ke komputer yang kita remote, tidak ada di dalam file konfigurasi milik aplikasi SSH dan tidak bisa ditambahkan entah karena apa. Kemudian, untuk menanggulanginya, kita perlu sedikit "mencurangi" dengan menghapus file konfigurasi SSH tersebut agar nanti ketika file itu terhapus, maka SSH akan membuat kembali secara otomatis dengan isi file yang masih kosong. Nah, baru deh nanti kita bisa menambahkan lagi key yang dibutuhkan.

Langsung saja, ketikkan satu perintah berikut :

sudo rm .ssh/known_hosts

Setelah itu coba remote kembali komputer yang sebelumnya tidak bisa kalian remote, pasti sekarang sudah bisa. :D

Semoga bermanfaat :)

23 July 2012

Menghilangkan Read More Pada Drupal 7

Hello jo.. kali ini ada sedikit tips lagi. Khususnya untuk yang sedang belajar Drupal (seperti saya). Di Drupal 7 setiap artikelnya selalu ada muncul Read More, meskipun kita telah menggunakan teaser.
Hm.. kada bikin kurang asik & sedikit konyol juga kali ya? wkwk.. Tapi gak usah khawatir, karena kita masih bisa menghilangkan Read More tersebut dengan satu baris css.

Caranya ?

Buka dan edit file node.tpl.php yang ada di folder theme kita dan tambahkan baris berikut :



Kemudian simpanlah file node.tpl.php tersebut.
Kita coba websitenya.. :) Moga berhasil jo

Konfigurasi ip Address Secara Manual


Mengatur konfigurasi ip address pada suatu komputer merupakan hal yang sering kita lakukan. Hal itu juga berlaku pada sistem operasi yang menggunakan linux, termasuk ubuntu.

Di Ubuntu, kita bisa melakukan konfigurasi ip address melalui tool / aplikasi Network Connection. Tapi kita bisa juga melakukan konfigurasi secara manual melalui console linux.

Biasanya kita melakukan konfigurasi seperti ini apabila linux yang kita gunakan

Untuk Linux Ubuntu, konfigurasi ip-nya berada di

/etc/network/interfaces

Apabila kita mengeditnya, maka disana akan tampak beberapa baris konfigurasi tersebut yang bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut adalah contoh file konfigurasi ip

auto lo
iface lo inet loopback

auto eth0
iface eth0 inet dhcp

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255

Setelah kita selesai edit dan menyimpan konfigurasinya, maka kita harus merestart network interface kita dengan perintah

sudo /etc/init.d/networking restart

Maka setelah semua kita lakukan, pengaturan kita telah berjalan pada komputer kita.
uyee..

22 July 2012

Install wine terbaru di ubuntu 12.04





Wine adalah aplikasi gratis dan opensource untuk menjalankan program windows supaya jalan di linux. Wine dikembangkan dengan sangat cepat dan akan dirilis tiap 2 minggu. Untuk sekarang sudah dirilis versi 1.5.5 dengan tambahan fitur:

Mendukung instalasi mono sebagai addon paket wine

-Support for installing the .NET 4.0 runtime.
-DDS files supported in D3DX9.
-Perbaikan bugs.

Cara Instalasi:
sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.5
sudo apt-get install winetricks

Semoga Bermanfaat:D

21 July 2012

Aplikasi Al-Qur'an Digital Di Ubuntu





Alhamdulillah di sore hari menjelang maghrib saya bisa berbagi ilmu lgy dengan sahabat blogger.
Kali ini saya akan posting tentang hal2 yang berkaitan dengan bulan ramadhan.Yappz sebelumnya saya ucapkan marhaban ya ramadhan.Di Bulan Ramadhan 1433 Hijriah ini semoga kita mendapat kemenangan sebagai mana yang dijanjikan oleh sang pencipta.

Yahh Langsung aja daripada panjang lebar mendingan saya langsung to the point aja dahh.
Sebelumnya aplikasi ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa (HeHeHe.. Lebeh dah) Aplikasi ini bernama Zekr. Fitur utama dari Zekr yaitu terjemahan dalam berbagai bahasa (Translation) termasuk bahasa Indonesia dan fitur audio (Recitation) secara online dan offline.

Zekr menjadi aplikasi standar yang sudah terinstall dalam distro Linux BlankOn Sajadah, Linux BlankOn versi muslim. Bahkan Zekr pada BlankOn Sajadah fitur audionya sudah bisa dimainkan secara offline tanpa harus terkoneksi ke internet.

Zekr bisa anda dapatkan dengan gratis di zekr.org dan tersedia untuk berbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows, dan Mac.

Tapi di Postingan ini saya akan berbagi cara bagaimana menginstall di Ubuntu Percise Pangolin
Berikut Tahap2nya:

Buka Terminal,
Ketik:

$ sudo apt-get install sun-java6-jre
$ sudo apt-get install zekr


Semoga Bermanfaat:D

20 July 2012

Font Error di Firefox?


Wah.. wah.. wah.. kenapa firefox kok tiba-tiba berantakan? Udah direstart masih tetap aja berantakan.

Saya ambil inisiatif merestart ubuntu, dan hasilnya masih saja berantakan :( hikss.. sedih dot kom.

Kemudian saya coba uninstall & reinstall firefox dari Ubuntu Software Center dan hasilnya adalah.. masih tetap berantakan.
Seperti gambar tersebut dah..
ur
Bener-bener sedih rasa hati ini.. tolong dong nyanyiin lagu buatku :)

Jreng.. jreng.. jreng.. setelah mencoba beberapa cara diatas, akhirnya saya putuskan untuk meng-uninstall firefox langsung dari console.

Di terminal/shell saya ketikkan :

sudo apt-get remove firefox

Eng.. ing eng.. setelah prosesnya selesai.. setelah menuliskan password root, kemudian saya coba menjalankan firefox.

Berhasil!!!
Ya.. syukur alhamdulillah, akhirnya berhasil juga mengembalikan kesehatan firefox yang sempet sakit.

Sekian dulu ah edisi curhat ini :)
uyee..

18 July 2012

Cara Aman Merestart Ubuntu Ketika "Nge-Hang"

Pernahkah kalian mengalami kejadian yang bikin kesal yaitu komputer nge-hang? Jika hal itu terjadi apa yang kalian lakukan? Mmm, mungkin kebanyakan kita akan menekan tombol power selama sekian detik untuk mematikan komputer, kemudian menghidupkannya lagi, atau bagi para pengguna PC bisa langsung menekan tombol restart. Apakah cara ini aman? Mmm, dari berita yang sering kita dengar, cara ini tidak aman karena berpotensi merusak hard-disk dan perangkat komputer lain. Lalu bagaimana me-restart komputer yang aman ketika nge-hang? Berikut caranya!




Ketika Ubuntu nge-hang, sebenarnya apanya yang error? Mmm, kebanyakan kejadian ini disebabkan oleh X Server yang mengalami gangguan, bukan Kernel Linux-nya. X Server - secara gampangnya - adalah "komponen" di Linux yang menjalankan tampilan grafis di desktop, X Server ini juga meng-handle inputan keyboard, mouse, serta output ke monitor. Itulah sebabnya ketika X Server nge-hang, keyboard dan mouse tidak merespon. Nah, solusinya adalah "menyerahkan" kendali keyboard langsung ke Kernel sehingga kita dapat mengontrol sistem dengan keyboard (termasuk me-restart). Baiklah, cukup pengantarnya, langsung saja ke pembahasan.

Pertama-tama, pastikan kalian sudah mengaktifkan fitur Kernel yang bisa disebut "magic SysRq key" dengan mengetik perintah berikut di Terminal:

  1. cat /proc/sys/kernel/sysrq  
Jika output-nya adalah "1" maka fitur sudah aktif, jika tidak maka ubah nilai menjadi "1" dengan mengetik perintah berikut:
  1. sudo echo "1" > /proc/sys/kernel/sysrq  


Nah, ketika komputer nge-hang, silakan restart dengan menekan tombol kombinasi Alt + SysRq sambil tetap menekan kedua tombol tersebut, tekan tombol-tombol berikut secara berurutan (beri jeda antar tombol lebih baik):
  1. reisub  
Maka komputer akan melakukan proses restart.

Apa yang sebenarnya terjadi? Kombinasi Alt + SysRq memberitahu sistem bahwa kita ingin memerintah Kernel secara langsung, sedangkan untuk tombol lainnya:
  • r - menyerahkan kendali keyboard dari X Server ke Kernel, sehingga kita bisa "memerintah" Kernel secara langsung.
  • e - mengirim sinyal "terminate" ke seluruh proses agar mereka menutup diri mereka sendiri. Proses ini kadang butuh waktu, jadi beri jeda beberapa saat untuk proses ini.
  • i - mengirim sinyal "kill" ke seluruh proses sehingga mereka ditutup secara paksa.
  • s - mem-flush (bisa dikatakan menyimpan) data dari cache ke disk
  • u - melakukan mount seluruh file sistem menjadi read-only
  • b - me-restart komputer.
Nah, jika kalian ingin mengetahui perintah-perintah apa saja yang bisa dijalankan, silakan klik di sini.


SUMBER

17 July 2012

Hard Reset Samsung Galaxy Y S5360

Kemarin saya baru saja baru saja sukses melakukan reset handphone Samsung Galaxy Y S-5360.

Alasan saya melakukannya karena kinerjanya udah keliatan tidak gesit & sering error meski udah uninstall aplikasi yang saya curigai sebagai penyebabnya.

Tapi setelah uninstall hampir semua aplikasi yang sebelumnya saya install, tetap aja tidak ada perubahan berarti. hikss.. sedihnya gw..

Begitulah ceritanya jo..

Dari pengalaman saya, mereset handset bisa jadi salah satu solusi mudah & murah daripada kita harus ganti dengan handset baru. Apalagi kalau dana yang kita miliki pas-pasan :)) just kiding..

Ah, lebih baik kita langsung aja ke topik kita yaitu mereset (hard reset) handphone samsung Galaxy Y S5360.

Caranya :

  1. Pastikan Baterai penuh
  2. Backup semua data dan kontak
  3. Matikan handphone
  4. Tekan bersamaan dan tahan tombol Volume Up + Power + Home (lihat gambar yang bertanda merah
  5. Tahan kurang lebih 5 detik, sampai Android memunculkan menu Android System Recovery (reboot system now,apply update from sdcar,wipe data/factory reset,wipe cache partition)
  6. Lepaskan ketiga tombol ketika menu tersebut telah muncul
  7. Pilih menu wipe/data factory reset dengan menggunakan tombol Volume Up/Down disertai tombol middle/home untuk meng-eksekusi
  8. Setelah tombol home ditekan, maka handphone akan restart.
  9. Tunggu hingga nyala, maka
  10. Kita akan mendapatkan Handphone Samsung Android Galaxy Y S5360 fresh :)
Demikian step by step mereset Handphone Samsung Android Galaxy Y S5360.
uyee..

Cara mengatasi Error Key Repo di Ubuntu

Mungkin banyak dari teman – teman yang menemui error key saat penambahan repository dan melakukan proses update repo. Seperti pada gambar berikut :
Untuk mengatasinya, dapat melakukan eksekusi perintah berikut di terminal :
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 2EBC26B60C5A2783
Bisa juga hanya mengetikan 8 digit terakhir dari key yang error.
Untuk kasus repo ubuntu, jika ada error seperti :
Fetched 792 B in 0s (1031 B/s)
Reading package lists… Done
W: GPG error: http://kambing.ui.ac.id precise Release: The following signatures were invalid: BADSIG 40976EAF437D05B5 Ubuntu Archive Automatic Signing Key
Untuk mengatasinya dengan cara,
sudo apt-get clean
cd /var/lib/apt
sudo mv lists lists.old
sudo mkdir -p lists/partial
sudo apt-get clean
sudo apt-get update

16 July 2012

Cara Install Y PPA Manager di Ubuntu/Linux Mint


Jika kalian pengguna Ubuntu/Linux Mint tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PPA. Ya, PPA adalah semacam repositori tambahan untuk instalasi aplikasi. Dan menginstall aplikasi lewat PPA adalah cara termudah kedua setelah menginstall aplikasi melalui repositori bawaan.

Kebanyakan tutorial di blog-blog orang (termasuk blog ini) biasanya perintah menambahkan PPA adalah melalui command di terminal seperti sudo add-apt-repository ppa:blablabla.

Nah, cara itu dirasa terlalu ribet bagi orang-orang yang tidak suka maen di terminal. Tetapi tidak perlu kuatir, solusinya ada kok yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Y PPA Manager. Y PPA Manager ini berkemampuan untuk menambah, menghapus, menghapus total (purge), membackup PPA, dan juga mampu menghapus file-file duplikat berekstensi .list secara GUI.


Cara install Y PPA Manager di Ubuntu/Linux Mint :

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/y-ppa-manager
sudo apt-get update
sudo apt-get install y-ppa-manager


Cara penggunaannya sangatlah mudah, jika kalian ingin menambahkan suatu PPA, misalnya saja PPA milik Y PPA Manager diatas, maka :

1. Jalankan aplikasinya kemudian klik Add a PPA


2. Kemudian masukkan PPA yang ingin kalian tambahkan, misalnya saja ppa:webupd8team/y-ppa-manager, kemudian klik OK.


Tunggu beberapa saat hingga proses penambahan PPA selesai, dan PPA baru pun telah ditambahkan. Ga perlu ketik-ketik di terminal lagi kan? :D

Semoga bermanfaat :)

15 July 2012

6 Aplikasi yang Harus Kalian Coba di Ubuntu 12.04 LTS



Ubuntu kini sudah tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu distro Linux yang paling populer di dunia. Salah satunya adalah karena kemudahan pengoperasiannya dibanding distro-distro Linux yang lain. Tentunya aplikasi-aplikasi yang terdapat di Ubuntu itu sendiri lah yang berperan penting mengapa Ubuntu bisa diklaim menjadi distro yang sangat mudah pengoperasiannya.
Nah, pada postingan kali ini saya ingin membagikan 10 Aplikasi keren yang harus kalian coba di Ubuntu 12.04 LTS kalian. Mau tau apa saja? Baca terus yaa.

1. ZIM


ZIM adalah aplikasi cross-platform gratis yang berfungsi untuk memanajemen catatan, memanajemen daftar keperluan, serta membantu penulisan ide-ide kedalam bentuk presentasi atau mindmap.

ZIM juga dapat ditambahkan plugin-plugin menarik seperti :
  • Memasukkan Diagram
  • Memasukkan Linkmap (semacam Mindmap)
  • Pengkoreksi Pengejaan
  • Memasukkan Simbol-simbol
  • Memasukkan Screenshot
  • Quicknote, dll

Untuk menginstallnya, kalian ketikkan perintah ini di terminal :


sudo apt-get install zim

2. ProzGUI

ProzGUI adalah aplikasi download manager seperti Internet DOwnload Manager yang ada di Windows. Namun ProzGUI saya rasa jauh lebih powerful dibandingkan IDM, karena prozGUI yang mudah dioptimalisasi, lebih rakus bandwidth, bebas untuk memecah file downloadan menjadi berapa saja, ringan, dan juga bisa pause dan resume download. Kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini !


Cara install :


sudo apt-add-repository ppa:alza/project
sudo apt-get update
sudo apt-get install prozgui


3. Pinta Image Editor



Jika kalian dulu sering menggunakan aplikasi Photoscape di Windows, dan merasa bahwa aplikasi GIMP terlalu sulit untuk digunakan, maka kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini. Pinta adalah aplikasi pengedit gambar yang pengoperasiannya sangat mudah dan powerfull.

Untuk menginstallnya :

sudo apt-get install pinta

4. K3b


K3b adalah aplikasi burning yang kaya akan fitur yang merupakan aplikasi burning bawaan di distro yang berbasis KDE. Jujur, menurut saya K3b ini lebih powerfull dibandingkan brasero yang ada di Ubuntu.

Untuk menginstallnya di Ubuntu ketik ini :

 sudo apt-get install k3b

 5. Pencil


Pencil adalah aplikasi yang cukup menarik yang fungsinya untuk membantu menggambar karakter-karakter kartun. Fokus dari aplikasi ini adalah kesimpelannya, akan tetapi fitur-fiturnya tidak kalah canggih kok dengan aplikasi-aplikasi lain.

Install Pencil di Ubuntu :

sudo apt-get install pencil

6. Mount Manager



Mount Manager adalah aplikasi manajemen partisi/Disk semacam Disk Utility/Gparted. Namun yang ini saya rasa lebih canggih, karena dapat me-mount dan unmount, mengedit settingan mount point, bahkan mengedit file konfigurasi /etc/fstab dengan sangat mudah. Tertarik?

Install di Ubuntu :

sudo apt-get install mountmanager

13 July 2012

Menghentikan Proses/Aplikasi di Ubuntu

Pada suatu ketika, kita sedang menggunakan komputer dengan benyak aplikasi yang dijalankan padahal resource dari komputer yang kita gunakan tidaklah mumpuni.

Akibatnya? Lemot abis. Ketika itu terjadi, mungkin kita ingin sesegera mungkin menutup aplikasi/proses yang sedang berjalan disistem.

Dikliklah tombol Close, tapi sayang tidak memiliki efek yang cepat :( hikss.. Dulu saya sendiri pernah memiliki pengalaman seperti itu.

Sebenarnya tidaklah susah apabila kita ingin menghentikan aplikasi atau proses yang sedang berjalan di sistem linux kita. Saya menggunakan ubuntu sebagai sistem operasi favorit :) it's free and legal + easy to use.

Ada 3 cara yang biasa saya pakai untuk menghentikan proses/aplikasi aktif di ubuntu :
  1. xkill
  2. top
  3. System Monitor
Ketiganya bisa kita gunakan. Caranya sebagai berikut :

1. xkill dengan mengetikkan perintah xkill di terminal / console dan pilih jendela yang sedang aktif yang akan kita tutup.

2. top, hampir sama dengan xkill. Ketikkan perintah top di terminal/console, maka kita akan bisa melihat proses/aplikasi/service yang sedang berjalan dikomputer kita.

Untuk menghentikannya cukup dengan mengetikkan perintah kill + no PID.
Contoh :

kill 9042

3. System Monitor, cara menggunakannya adalah dengan menjalankan aplikasi berbasis grafis ini. Ketikkan di Application Launcher ubuntu menggunakan key "System Monitor"

Ketika itu muncul maka kliklah aplikasi tersebut akan otomatis berjalan. Untuk menghentikan aplikasi/proses cukup dengan meng-klik kanan di aplikasi dimaksud dan pilih Kill Prosess

Cara Menghack File Rar, Zip, 7zip yang Terpassword dengan Rarcrack


Kemarin saya mendownload film di sebuah situs melalui media Torrent. Setelah download selesai ternyata film tersebut dikompress kedalam file Zip dan tidak bisa diekstrak karena di beri password -_-.
Saya pun mencari-cari solusinya di google dan akhirnya menemukan Cara Menghack File Zip yang Terpassword dengan Rarcrack.

Cara install :

1. Download terlebih dahulu Rarcracknya dengan mengetik perintah berikut di terminal :

wget http://kent.dl.sourceforge.net/sourceforge/rarcrack/rarcrack-0.2.tar.bz2

2. Ekstrak Rarcracknya :

tar -xjf rarcrack-0.2.tar.bz2

3. Pindah ke dalam direktori Rarcrack yang telah diekstrak, kemudian install dengan perintah ini :

cd rarcrack-0.2/
make
sudo make install


Jika tidak ada pesan kesalahan, maka sampai pada tahap ini Rarcrack telah berhasil terinstall. Untuk mnggunakannya cukup mudah, tinggal mengetikkan perintah ini di terminal :

sudo rarcrack namafile.zip/rar/7zip --type zip/rar/7zip

Contoh :

sudo rarcrack Snow.zip --type zip


Proses akan berjalan sedikit lama tergantung tingkat kerumitan password yang akan kalian hack. Namun jika berhasil, maka akan muncul sebuah file berekstensi < b>.xml dengan password benarnya didalamnya.


Semoga bermanfaat :)

12 July 2012

Percepat Kinerja Ubuntumu Dengan Preload


Ubuntu terkenal dengan kinerja sistemnya yang stabil dan cepat. Tapi apabila kalian merasa mesin Ubuntu kalian masih terasa kurang cepat, maka kalian harus mencoba aplikasi bernama Preload ini. Preload memonitor aplikasi yang dijalankan, dengan menganalisis data dan memprediksi aplikasi yang mungkin dijalankan, dan mengambil binari dan dependensinya ke dalam memori untuk waktu startup lebih cepat.

Untuk menginstallnya sangat mudah, tinggal ketikkan perintah berikut di terminal kalian :

sudo apt-get install preload

Preload berjalan di belakang layar sehingga tidak akan tampak wujud aplikasinya. Akan tetapi efeknya cukup terasa jika dibandingkan komputer kalian tanpa menggunakan aplikasi ini.

Silahkan dicoba, dan semoga bermanfaat :)

SUMBER

11 July 2012

Setting up and Runing Ubuntu on Samsung Galaxy S III GT-i9300


Samsung Galaxy S III S3 GT-i9300

  • The Galaxy S III is powered by Samsung's Exynos quad-core 1.4GHz processor, which is based on the the ARM Cortex A9. It has a 4.8-inch super AMOLED screen with a resolution of 1280-by-720 pixels, which is housed in a shell that is 8.6 millimeters thick and weighs 133 grams.
  • FEATURES: 4.8" Amoled HD screen The S3's enormous screen feels big in the hand, although the device is just 16 per cent larger than its predecessor, the 20 million selling S2.
  • Smart Stay: The phone tracks your eyes, so as long as you're looking at it, the display won't dim or turn off.
  • Direct Call: If you've got a contact on your screen, there's no need to hit call: simply hold the device up to your face and the number will be dialed automatically.
  • Smart Alert: Burst shot and best photo The 8MP camera now offers a 20-shot burst mode and will choose the best photo for you. Photos are now possible at the same time as video filming.

Your Android device is like a mini computer running on a Linux kernel. Ubuntu, which is also a flavor of Linux, is generally for desktop PCs, netbooks, and laptops. Since Ubuntu relies on the Linux kernel, is it possible to run Ubuntu on an Android device?

XDA Developers member tiborr answers that question by sharing a guide on how to setup and run Ubuntu on your Samsung Galaxy S3 GT-I9300, which, because of its awesome quad-core power and more-than-enough storage, is capable of running Ubuntu.

Using the Ubuntu Installer app and his edited script, the said developer was able to run the computer-based Ubuntu on a Samsung Galaxy S3 SGH-I9300.

Quite a few find it a bit pointless to run a computer-based Linux distro on an Android phone, but we here at Android Authority I think it’s cool to be able to show it off to your geeky friends. Besides, it’s a showcase of the power of Linux and of opensource software in general.

If you want to run Ubuntu on your Samsung Galaxy S3 GT-I9300, continue reading the rest of this guide. Take note that the following steps are not noob-friendly and may need some technical skills and knowledge about Android development.

Warning

  • The instructions in this guide are intended for use with the Samsung Galaxy S3, model number GT-I9300. Applying these instructions on another device or model may produce undesired outcomes.
  • The information in this guide is provided for instructional and educational purposes only. There is no guarantee that these instructions will work under your specific and unique circumstances.
  • Use these instructions at your own risk. We shall not hold any responsibility or liability for whatever happens to you or your device arising from your use of the info in this guide.
  • Read and understand the whole guide first before actually performing the instructions.

Requirements

  • Samsung Galaxy S3 GT-I9300 with root access and running on a kernel that has loopback support
    • If you haven’t rooted your phone, check out this guide on how to root and flash ClockworkMod Recovery on your phone via CF-Root 6.3.
    • Users report that the CF Kernel does pack loopback support and works with the setup described in this guide. Other users also report that the setup works even on stock ROMs. If you don’t find this guide working for you, you might want to try installing a custom kernel on your phone.
  • Download and install Ubuntu Installer Free to your phone from the Google Play Store.
  • Enable USB Debugging on your phone by going to Settings > Developer’s options > USB Debugging
  • Backup all personal data on your phone to make sure you have a copy of your personal data (e.g., contacts, SMS, MMS, Internet settings, Wi-Fi passwords, and the like) in case the procedure in this guide erases such data.

Instructions

  1. Launch the Ubuntu Installer Free app. Launching the app will require you to download 3 additional apps:
  2. Download the Ubuntu image file via the Ubuntu Installer Free app. You will have to choose either the small or large Ubuntu image file.
  3. You do not need to download the script suggested by the app because, according to tiborr, it doesn’t work with the Samsung Galaxy S3. Download developer tiborr’s edited script (ubuntu.sh, 1.4 kB).
  4. Using your preferred file manager app (e.g., ES File Explorer or ASTRO File Manager), navigate to your phone’s internal SD card and create a new folder named “ubuntu” (that is, /sdcard/ubuntu)
  5. Extract the downloaded Ubuntu image file. Move or copy the said file to /sdcard/ubuntu directory.
  6. Move or copy tiborr’s ubuntu.sh script into the /sdcard/ubuntu directory.
    • There should be an *.img file and a *.sh file inside the folder.
  7. Open the Terminal Emulator app and enter the following commands:
    • su
    • cd /sdcard/ubuntu
    • sh ubuntu.sh
  8. After a series of text, the terminal emulator will ask you to enter the screen size. Type 1280x720 and press Enter.
  9. On the next screen, a message Save this as default? (y/n) will appear. Type the command Y if you want to save the screen size and N if you don’t want to save it as a default screen size. Your terminal emulator will then look like this:
  10. The script my ask you to setup a password. For our purposes, you can just use ubuntu as password.
  11. The terminal will act as an Ubuntu command line. To connect to the graphical user interface (GUI), launch the androidVNC app.
  12. Enter localhost on the IP address text field.
  13. For port number, specify 5900 as the port number.
  14. Enter ubuntu as password.
  15. Leave all other fields as they are.
  16. Tap Connect. The GUI will render and you will see the familiar Ubuntu interface.
  17. To exit, return to the Terminal Emulator session, type exit at the command line, and wait until everything shuts down.

Alternative Method

If the steps above don’t work or the script isn’t working, you can try the alternative steps below:

  1. Follow steps 1 and 2 from the procedures above.
  2. Download this alternative script (ub.zip, 802 bytes).
  3. Create a folder named “ubuntu” on your phone’s external SD card. The location should be /mnt/extSdCard/ubuntu.
  4. Extract the downloaded Ubuntu image file and ub.zip to the ubuntu folder.
    • There should only be an IMG file and a SH file inside the ubuntu folder.
  5. Open the terminal emulator and type the following commands:
    • su
    • cd /mnt/extSdCard/ubuntu
    • sh ub.sh
  6. Follow step 8 and onwards from the procedure in the previous section.

Congratulations! You have successfully booted into Ubuntu on your Samsung Galaxy S3 GT-I9300. Show it off to your geek friends! You might just blow them away.

*androidauthority.com

09 July 2012

Paw 12.04 Plymouth Theme

http://2.bp.blogspot.com/-jXXAz_L95-Q/T2y2SQaTZeI/AAAAAAAACSU/1iSi7Zbf4pE/s1600/paw+12.04.png


 
To install it extract it to Home folder, open terminal and start typing:
sudo cp -R Paw-12.04/ /lib/plymouth/themes/
sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/Paw-12.04/paw-12.04.plymouth 100
sudo update-alternatives --config default.plymouth
From list choose Paw-12.04

And at the and in terminal type:
sudo update-initramfs -u

sumber 

08 July 2012

Cara Mengatasi GPG Error di Ubuntu 12.04 LTS


Postingan pertama di bulan Juli ini, karena saya sedang dalam masa liburan dan tidak ada koneksi internet dirumah. hehe :D

Pada postingan kali ini, saya ingin membagikan sedikit trik Cara Mengatasi GPG Error di Ubuntu 12.04 LTS. Biasanya masalah GPG error ini terjadi ketika PPA yang kalian tambahkan ke Ubuntu kalian salah atau telah mengalami kadaluarsa. Lihat gambar dibawah :


Cara mengatasinya cukup mudah, hanya perlu mengetikkan beberapa baris perintah di terminal. Pertama-tama ketikkan ini :

gpg --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv Key GPG

Yang saya tandai merah itu kalian isi dengan Key GPG yang error. Misalnya pada gambar dibawah ini (lihat yang saya tandai), key GPG yang error adalah 5A9A06AEF9CB8DB0 :


Maka yang kalian ketikkan di terminal adalah :

gpg --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv 5A9A06AEF9CB8DB0

Nanti hasilnya akan seperti dibawah :


Setelah itu, perhatikan bagian requesting key (lihat yang saya tandai dibawah) yang menunjukkan kode F9CB8DB0


Ketikkan perintah berikut berdasarkan requesting key yang kalian dapat tadi :

gpg --export --armor F9CB8DB0 | sudo apt-key add -


Terakhir lakukan update repositori :

sudo apt-get update

Jika berhasil pasti tidak akan muncul lagi pesan GPG error seperti tadi. :D

Semoga bermanfaat :)