28 August 2012

Cara Memunculkan Kembali Plymouth Linux Mint 13/12/11


Salah satu alasan saya tidak pernah lagi memakai distro Linux Mint adalah karena saat saya mencoba versi Linux Mint 11 dan 12 tidak muncul plymouthnya. Jadi tampilan saat booting hanyalah sebuah layar hitam blank saja. Awalnya Saya pikir ini karna adanya ketidakcocokan antara distro ini dengan mesin saya, karena pada saat saya mencoba distro Ubuntu 11.10 maupun Ubuntu 12.04 Plymouth nya tetap muncul secara normal.

Selidik punya selidik, ternyata Plymouth blank hitam ini memang didesain seperti itu dari pihak pengembang Linux Mint nya dengan tujuan untuk mempercepat proses booting. Jadi apabila kalian mengalami hal yang sama pada mesin kalian, itu bukanlah kesalahan pada mesin kalian, melainkan murni karna memang bawaan dari Linux Mint tersebut.

Sejujurnya saya kurang suka dengan tampilan layar hitam ini, karna kesannya malah terlihat seperti sebuah OS yang rusak. Bukan seperti OS Linux yang indah dan menarik itu. Tetapi jangan kuatir, apabila kalian mempunyai selera yang sama seperti saya, maka kita tetap dapat memunculkan kembali tampilan Plymouth dari Linux Mint ini.

Caranya sangatlah mudah, cukup donlod dua buah paket zip dari plymouth-theme-mint-logo dan plymouth-theme-mint-text dibawah ini, ekstrak, kemudian install dengan mengklik dua kali file-file tersebut, setelah instalasi selesai maka secara otomatis tampilan plymouth Linux Mint kalian akan kembali seperti dulu.

Plymouth-theme-mint-logo.zip

Plymouth-theme-mint-text.zip

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

No comments:

Post a Comment