25 September 2012

Apa itu Firewall ?


Firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mengontrol akses-akses yang tidak diinginkan ke atau dari sebuah jaringan lokal. Firewall dapat diimplementasikan menggunakan hardware maupun software, atau keduanya.
Semua paket-paket dari dan ke jaringan lokal harus melewati Firewall terlebih dahulu, dan akan dieksekusi boleh atau tidak lewatnya paket tersebut berdasarkan kriteria keamanan Firewall masing-masing.
Saat ini istilah Firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap modal digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker (peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya) menjadi wajib.


Ada beberapa metode yang digunakan oleh Firewall :
  • Packet Filter
  • Application Gateway
  • Circuit-level Gateway
  • Proxy Server

Dalam prakteknya, Firewall adalah pertahanan pertama untuk membendung serangan dari hacker di dalam sebuah jaringan. So, jika ingin jaringan kalian aman jangan lupa terapkan Firewall!

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment