03 September 2012

Indonesia GNU/Linux Conference (ILC) 2012


Mengangkat Derajat Bangsa Dengan Menggunakan FOSS/LINUX

Indonesia GNU/Linux Conference (ILC) merupakan kegiatan tahunan berskala nasional, sebagai ajang bertemunya insan penggiat, pengguna, pemerhati dan vendor open source, khususnya sistem operasi GNU/Linux (baca: Linux). ILC yang awal mulanya sebagai ajang diskusi para penggiat dan aktivis GNU/Linux seluruh Indonesia, sekarang tidak hanya sekedar diskusi saja, tetapi sudah menjadi rangkaian kegiatan yang diawali dengan seminar, workshop, training, pameran dan pada akhir acara ditutup dengan diskusi.

Diskusi diikuti oleh para penggiat dan aktivis GNU/Linux dari seluruh Indonesia yang diwakili oleh organisasi-organisasi penggiat GNU/Linux seperti Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI), Linux User Grup (LUG), dan Kelompok Studi Linux (KSL). Kelompok-kelompok ini mewakili kalangan umum, hobiis, mahasiswa dan akademisi.

ILC sendiri dilaksanakan dengan harapan dapat mendorong pemanfaatan GNU/Linux di semua bidang baik di lingkungan rumah tangga, bisnis, pendidikan serta pemerintahan. Selain menjadi media sosialisasi dan advokasi GNU/Linux, ILC juga menjadi forum untuk membahas masalah-masalah dalam implementasi GNU/Linux dan menemukan serta sharing solusi bersama yang diharapkan bisa diterapkan secara regional maupun nasional.

Indonesia Linux Conference dilaksanakan pertama kali pada tahun 2006 di Kota Surabaya. Pada tahun ini Indonesia Linux Conference akan digelar di Kota Malang, acara ini nantinya akan menjadi konferensi linux tingkat nasional yang ketujuh kalinya. Indonesia Linux Conference kali ini diselenggarakan bersama Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Linux Arek Malang (KOLAM) dibantu oleh rekan-rekan sesama aktivis Linux dan Open Source di daerah Malang Raya. Salah satu acara utama ILC 2012 adalah KPLI Meeting yang akan diikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan seluruh KPLI dan komunitas linux dari seluruh Indonesia. Sebelum KPLI Meeting digelar, akan didahului dengan rangkaian acara berupa diskusi panel, lomba blog dan desain, serta workshop dan lomba hardening server.

Tujuan dari ILC 2012 ini adalah :
1. Memperluas pengenalan manfaat Linux dan Open Source kepada masyarakat.
2. Memberikan rekomendasi terhadap kebijakan pemerintah di bidang IT.
3. Meningkatkan konstribusi Indonesia dalam penggunaan dan pengembangan Linux dan Free Open Source Software (FOSS).
4. Meningkatkan pengembangan bisnis melalui pemanfaatan Linux dan FOSS.
Info Lengkap

No comments:

Post a Comment