01 October 2012

Install Codec Multimedia di Ubuntu

Ketika selesai menginstall Ubuntu, biasanya kita belum bisa memainkan file-file multimedia sebelum menginstall codec multimedia tersebut, baik untuk video maupun audio. Kita bisa menginstallnya secara online maupun secara offline.

Cara yang mudah adalah dengan menginstall VLC dan Media Player (mplayer) di ubuntu, karena dengan menginstall aplikasi tersebut, kita juga ikut menginstall codec multimedia yang dibutuhkan keduanya.

Installasinya :

sudo apt-get install vlc mplayer


Selain menginstall kedua aplikasi tersebut, sebaiknya juga install paket-paket lainnya, seperti :

sudo apt-get install libxine1-ffmpeg gxine mencoder mpeg2dec vorbis-tools id3v2 mpg321 mpg123 libflac++6 ffmpeg libmp4v2-0 totem-mozilla icedax tagtool easytag id3tool lame nautilus-script-audio-convert libmad0 libjpeg-progs libquicktime1 flac faac faad sox ffmpeg2theora libmpeg2-4 uudeview flac libmpeg3-1 mpeg3-utils mpegdemux liba52-0.7.4-dev

Dalam setiap installasi ubuntu, saya tidak lupa untuk menginstall Gstreamer, sebuah framework yang digunakan untuk aplikasi streaming media dengan cara:

sudo apt-get install gstreamer0.10-ffmpeg gstreamer0.10-fluendo-mp3 gstreamer0.10-gnonlin gstreamer0.10-pitfdll gstreamer0.10-sdl gstreamer0.10-plugins-bad-multiverse gstreamer0.10-schroedinger gstreamer0.10-plugins-ugly-multiverse totem-gstreamer

Kalau perlu install juga pengaya codec multimedianya :

sudo apt-get install gstreamer-dbus-media-service gstreamer-tools ubuntu-restricted-extras

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive