23 November 2012

Install Telnet Server di Debian 6 Squeeze


Telnet merupakan sebuah aplikasi yang berhubungan dengan dunia remote-remote-an di jaringan. Fungsinya sih sama saja dengan SSH, bahkan sebenarnya lebih jelek dibanding dengan SSH. Karena seluruh data yang berlalu lalang antara kedua belah pihak yang saling meremote dengan telnet tidak akan di enkripsi, sehingga mudah disadap oleh orang. Jadi saya sarankan bagi kalian, lebih baik gunakan SSH dibandingkan dengan Telnet. Lho terus buat apa dong saya memposting artikel ini? Yah, sebatas buat pengetahuan saja gapapa kan. Kali aja butuh juga suatu saat. :D

Yuk langsung saja, berikut adalah cara-cara install telnet server di Debian 6 Squeeze.

1. Masukkan DVD ke 2 dari Debian, kemudian tambahkan ke sources.list dengan perintah ini :

# apt-cdrom add

2. Setelah itu update-lah daftar repositorinya dengan mengeksekusi perintah berikut :

# apt-get update

3. Sekarang baru install telnet servernya. Ketikkan perintah berikut ini :

# apt-get install telnetd

Taraaa! Debian Squeeze kalian pun kini telah berubah menjadi sebuah telnet server. Nah, untuk meremote si Debian Squeeze ini, cobalah remote dari sisi klien menggunakan perintah telnet ipaddressserver. Misalnya telnet 192.168.1.1. Jika berhasil maka kalian akan dimintai login username dan passwordnya.

Semoga bermanfaat :)

Ubuntu, Sharing Options Hilang? Ini Solusinya

Sore ini tiba-tiba saya kehilangan Sharing Options di ubuntu. Akibatnya, ya gak bisa sharing folder untuk diakses user lain di jaringan.

Sempat kepikiran juga sih, kok bisa hilang ya? Padahal gak pernah dibuang kok.

Hehe.. gak usah bingung apalagi cemas, sebab itu bukan akhir dari segalanya... hahaha.. wow..

Untuk mengatasi itu ya kita harus menginstall samba di sistem ubuntu kita. Saya sendiri menggunakan satu baris  perintah untuk bisa menghidupkan kembali Sharing Option.

Ini dia perintahnya :

sudo apt-get install system-config-samba

Dan, jreng.. akhirnya.. :)

22 November 2012

Cara Sharing File dengan Samba di Fedora 17 (Part 2)


Setelah postingan sebelumnya kita sudah bermain-main dengan iptables, sekarang saya ingin melanjutkan kembali postingan saya beberapa hari yang lalu yaitu Cara Sharing File dengan Samba di Fedora 17 (Part 1).

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, di part 2 ini kita akan menerapkan cara sharing file menggunakan autentikasi password. Sehingga orang yang boleh mengakses file sharing kita hanyalah yang sudah memiliki akun saja. Caranya bagaimana? Yuk simak terus postingan ini!

Disini saya sudah anggap kalian telah menginstall samba dengan benar. Jika kalian belum tau cara menginstall samba di Fedora 17, silahkan merujuk ke postingan Cara Sharing File dengan Samba di Fedora 17 (Part 1)

1. Setelah samba berhasil terinstall dengan baik, edit file /etc/samba/smb.conf dengan mengetikkan perintah berikut :

# nano /etc/samba/smb.conf

2. Edit beberapa bagian terlebih dahulu seperti workgroup dan host allow sama seperti pada postingan saya yang part 1. Jika kalian masih belum tau caranya, kalian bisa langsung meluncur ke sini.

3. Jika sudah, barulah kalian bisa melanjutkan ke bagian yang ini. Pada baris paling bawah, tambahkan kode berikut :

[Software] # Nama folder yang ingin kalian share (bebas)
path = /home/rizal/Downloads
# directory yang akan dishare

writable = no # tidak dapat ditulis (cut,delete,dll)
browseable = yes
# bisa diakses
create mode = 0700
# Akses penuh pada seluruh file hanya untuk pemilik direktori
directory mode = 0700
# Akses penuh pada seluruh direktori hanya untuk pemilik direktori

security = user # Akses menggunakan autentikasi password


Setelah itu simpan dan tutup file tersebut

4. Langkah selanjutnya adalah memberikan user kalian password Samba agar memiliki hak akses untuk membuka direktori yang telah kalian share barusan. Caranya adalah sebagai berikut :

# smbpasswd -a namauser

Kemudian isikan password baru sebanyak dua kali. Namauser disini adalah nama user kalian masing-masing, misalnya kalau saya namausernya adalah rizal, maka ditulisnya adalah smbpasswd -a rizal. Nantinya user dan password ini yang akan kalian gunakan untuk mengakses direktori yang telah kalian share.

4. Terakhir jalankan service dan aktifkan Samba pada saat komputer booting dengan perintah ini :

# systemctl start smb.service
# systemctl start nmb.service
# systemctl enable smb.service
# systemctl enable nmb.service


Sekarang cobalah untuk mengakses folder yang telah kalian sharing tersebut dari komputer lain, maka kalian akan dimintai password terlebih dahulu sebelum dapat mengakses foldernya.



Semoga bermanfaat :)

21 November 2012

Membuat Background Conky Transparan di Fedora KDE


Ketika saya dulu masih memakai Ubuntu dengan Unity sebagai Desktop Environtmentnya, saya hampir tidak pernah mengalami masalah dalam hal mengkonfigurasi conky. Begitu mudahnya sampai hampir seminggu sekali saya gonta-ganti tampilan conky di mesin saya. Namun setelah saya memakai Fedora 17 yang menggunakan KDE sebagai Desktop Environtmentnya, baru hari ini saya mencoba untuk menginstall conky. Overall, secara instalasi maupun konfigurasi conky di Ubuntu dengan di Fedora hampir seluruhnya mirip. Namun ketika saya coba jalankan script conkynya, ada keanehan yang terjadi. Tampilan conky yang muncul memiliki sebuah background hitam di belakangnya. Jadi tidak transparant gitu. Maaf saya tidak bisa memberikan skrinsutnya nih -_-

Nah, setelah saya searching di internet, ternyata hal tersebut terjadi karena 2 hal, yaitu :

1. Conky menggunakan pseudo-transparency bukannya actual-transparency yang dimiliki KDE.
2. KDE tidak menggambar wallpaper ke root window, melainkan hanya ke plasma desktopnya saja. Jadi ketika si conky meminta wallpaper ke root window, yang muncul hanya background hitam saja karena memang di root window tidak ada wallpapernya.

Oleh karena sebab diatas, kita memerlukan sebuah aplikasi yang dapat menggambarkan wallpaper ke root window. Disini kita akan memakai aplikasi yang bernama feh. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Install feh nya terlebih dahulu :

$ sudo yum install feh

2. Buatlah sebuah file startup atau edit file startup conky yang telah kalian buat sebelumnya dengan isi seperti ini :

#!/bin/sh
feh --bg-scale /tempatwallpaperberada/wallpaper.png
sleep 10
conky &
exit 0


Berikut adalah contoh milik saya :

#!/bin/sh
feh --bg-scale /home/rizal/Pictures/Firefox_wallpaper.png
sleep 20
conky &
exit 0


3. Berikan hak akses executable pada file tersebut dengan perintah berikut :

$ chmod +x namafilestartup

4. Setelah itu letakkan file startup tersebut pada System Settings > Startup and Shutdown > Autostart agar ketika booting conky akan langsung tampil.

5. Terakhir restart komputer kalian dan sekarang lihat conky kalian pasti sudah transparan seperti layaknya conky yang biasanya. :D


Semoga bermanfaat :)

20 November 2012

Konfigurasi Iptables untuk Redirect Paket HTTP ke Proxy di Mesin Lain


Saya baru-baru ini mengalami suatu kasus yang cukup membuat saya harus sedikit memutar otak. Gara-garanya seperti ini, seperti yang kalian tahu kalau kita mempunyai sebuah proxy server dan menginginkan agar seluruh client yang browsing ke internet harus melewati proxy server terlebih dahulu adalah dengan mengetikkan perintah berikut ini :

# iptables -t nat -A PREROUTING -j REDIRECT -p tcp --dport 80 --to-ports 3128

Cara diatas itu memang selalu berhasil apabila topologinya adalah seperti ini :


internet-----router+proxy----client


Nah, bagaimana jika topologinya adalah sebagai berikut ? :


internet-----(eth2)router(eth0)----(172.16.20.0/24)client
(eth1:192.168.20.1)
|
|
(192.168.20.2)
proxy

Tentunya jika kita masih menggunakan perintah Iptables yang pertama tadi, tidak akan ada efeknya. Karena disitu diperintahkan agar seluruh akses ke port 80 akan dialihkan langsung ke port 3128. Padahal di router tidak ada port 3128, karena port 3128 milik proxy berada di mesin yang lain, yaitu di pc server. Nah, solusinya bagaimana? Caranya adalah sebagai berikut :

# iptables -A FORWARD -m state --state NEW,RELATED,ESTABLISHED -j ACCEPT
# iptables -A FORWARD -p tcp -d 192.168.20.2 --dport 3128 -j ACCEPT
# iptables -t nat -A PREROUTING -p tcp -s 172.16.20.0/24 --dport 80 -j DNAT --to 192.168.20.2:3128
# iptables -t nat -A POSTROUTING -p tcp -d 192.168.20.2 --dport 3128 -j MASQUERADE
# iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth2 -j MASQUERADE


Sekarang coba tes, seluruh aliran data yang menuju port 80 pasti akan dialihkan terlebih dahulu menuju PC Server baru diarahkan kembali ke internet.

Semoga bermanfaat :)

19 November 2012

Cara Mendisable SELinux di Fedora 17


Lanjut lagi postingan mengenai Fedora 17, kali ini saya akan membahas mengenai SELinux. Apa itu SELinux? SELinux adalah Varian Linux yang mengimplementasikan berbagai kebijakan keamanan melalui penggunaan Linux Security Modules (LSM) di dalam kernel Linux. Jadi semacam metode pengamanan gitu lah, hampir hampir mirip kayak Firewall. Namun SELinux berbeda dengan Firewall, begitupun sebaliknya.
Untuk ukuran pengamanan server SELinux merupakan pilihan yang sangat cocok untuk mengamankan server-server kalian karena keampuhan dan kekompleksannya. Namun untuk ukuran sebuah komputer desktop, SELinux menurut saya agak kurang cocok untuk diterapkan, karena sangat ribet dan terlalu rewel. Untuk mengakses segala sesuatu menjadi sulit karena dibatasi oleh SELinux ini.

Nah oleh karena itu pada postingan kali ini saya ingin membagikan cara untuk mendisable SELinux di Fedora 17. Bagaimana ya caranya? Yuk simak terus postingan yang ini.

1. Edit file /etc/selinux/config

$ sudo nano /etc/selinux/config

Setelah terbuka, carilah bagian SELINUX=enforcing didalamnya. Kalo udah ketemu, ganti bagian enforcing tersebut menjadi disabled seperti yang terlihat pada gambar dibawah :


Jika sudah simpan dan tutup file tersebut.

Apabila tidak ada kesalahan ketika mengedit, maka seharusnya sekarang SELinux Fedora 17 kailan sudah tidak aktif kembali.

Semoga bermanfaat :)

13 November 2012

Paypal



akhirnya paypal withdraw saja setelah gagal trus merubah limited akun ke semula lagi. hanya gara-gara akses koneksi internet yg lambat pas transaksi jual beli

KNOWLEDGE



MY KNOWLEDGE NOT FOR ALL, MAYBE.
GO TO RUN
WRITE REGEDIT CLICK OK
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\WPAEvents

MODIFY OOBETimer  “ FF D5 71 D6 8B 6A 8D 6F D5 33 93 FD”
RIGHT CLICK WPAEvents / PERMISSIONS
CLICK ADVANCED

12 November 2012

Mengatasi Error "Can not open font file True" di Fedora 17


Sudah beberapa hari ini saya menyadari ada yang aneh pada Fedora 17 saya ketika melakukan booting. Sesaat sebelum muncul tampilan plymouth, entah kenapa di layar saya muncul sebuah pesan error yaitu Can not open font file True. Sayangnya maaf saya tidak bisa mengambil screenshotnya T.T.

Nah, walaupun pesan error ini tidak menimbulkan efek yang aneh-aneh, tapi menurut saya munculnya pesan error tersebut agak mengganggu saja. Tidak sedap dipandang lah pokoknya.

Pesan error ini muncul kira-kira karna tidak adanya file font yang dipilih oleh si Fedora 17 ketika ia booting. Makanya disini kita akan mengarahkan konfigurasi font tersebut ke arah letak file font yang benar. Berikut ini adalah cara-caranya :

1. Edit file /etc/default/grub dengan perintah berikut :

$ sudo nano /etc/default/grub

Setelah terbuka, cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX dan disitu carilah skrip SYSFONT=True. Jika sudah ketemu, ganti dan tambahkan skrip tersebut menjadi seperti berikut :

SYSFONT=latarcyrheb-sun16

Sehingga kira-kira baris tersebut akan menjadi begini :

GRUB_CMDLINE_LINUX="rd.md=0 rd.lvm=0 rd.dm=0 SYSFONT=latarcyrheb-sun16 KEYTABLE=us rd.luks=0 LANG=en_US.UTF-8"


Simpan dan tutup file tersebut dengan menekan CTRL + W, lalu tekan Y, lalu Enter.

2. Kemudian edit juga file /etc/sysconfig/i18n dengan perintah berikut ini :

$ sudo nano /etc/sysconfig/i18n

Didalamnya juga kira-kira ada baris yang sama yaitu SYSFONT=True. Ganti menjadi sama seperti yang barusan telah kalian lakukan, yaitu mengganti baris SYSFONT=True menjadi SYSFONT=latarcyrheb-sun16.


Jika sudah, simpan dan tutup file tersebut.

3. Langkah terakhir adalah mengaktifkan konfigurasi diatas dengan perintah ini :

$ sudo grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg

Sekarang coba restart komputer kalian. Seharusnya kalian sudah tidak akan menemukan pesan error "Can not open font file True" lagi.

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

10 November 2012

Install Miro - Internet Audio/Video Player


Interface Miro
About
Miro adalah sebuah aplikasi internet TV open source yang memungkinkan user untuk memainkan,convert dan berbagi konten audio/video.

Saat ini kita bisa menginstall Miro di Ubuntu dengan perintah :

sudo add-apt-repository -y ppa:pcf/miro-releases
sudo apt-get update
sudo apt-get -y install miro


Kita juga bisa menginstallnya melalui Ubuntu Software Center dengan keyword "miro" setelah menambahkan repository miro dan melakukan update.

Gimana jo? Siap install? :) 

Install Miro di Ubuntu Software Center


Official Website

09 November 2012

Konfigurasi Firewall Sederhana untuk Router Debian 6 Squeeze


Malem-malem gini kebetulan lagi iseng belajar firewall, mau sambil sharing aja ah. Saya punya script sederhana Firewall buat router pake Debian 6 Squeeze nih. Topologi jaringannya adalah seperti ini :


internet----{etho + tun0(vpn)}router(eth1)----lokal


Di router itu cuma ada 3 service yang berjalan, yaitu VPN, Proxy, dan SSH. Nah, rule yang saya buat disini adalah :

1. Semua akses dari lokal ke internet diperbolehkan
2. VPN boleh diakses dari luar.
3. Akses SSH dari luar hanya boleh dari mac address tertentu
4. Akses proxy tidak boleh dari luar, hanya bisa dari dalam saja.

Nah, kira-kira rule lengkapnya adalah seperti ini :

# Generated by iptables-save v1.4.8 on Fri Nov 9 19:26:07 2012
*nat
:PREROUTING ACCEPT [660398:44170912]
:POSTROUTING ACCEPT [187:14280]
:OUTPUT ACCEPT [55814:3357369]
#redirect seluruh akses http LAN ke proxy
-A PREROUTING -s 192.168.100.0/22 -p tcp -m tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-ports 3128
#Nat vpn
-A POSTROUTING -s 10.8.0.0/24 -j MASQUERADE
#Nat
-A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
COMMIT
# Completed on Fri Nov 9 19:26:07 2012
# Generated by iptables-save v1.4.8 on Fri Nov 9 19:26:07 2012
*filter
:INPUT DROP [419:60785]
:FORWARD ACCEPT [18077452:13924732564]
:OUTPUT DROP [473:26093]
#Reject akses squid dari luar
-A INPUT -i eth0 -p tcp -m tcp --dport 3128 -j DROP
#Accept akses yang related,established
-A INPUT -m state --state NEW,RELATED,ESTABLISHED -j ACCEPT
# REJECT connections with an invalid state
-A INPUT -m state --state INVALID -j REJECT
#Ping cuma bisa 1/sec
-A INPUT -p icmp -m limit --limit 1/sec -j ACCEPT
# 10 minute lockout if trying to bruteforce baru setelah itu accept ssh
-A INPUT -p tcp --dport 22 -m state --state NEW -m recent --set --name SSH --rsource
-A INPUT -m recent --update --seconds 600 --hitcount 4 --rttl --name SSH --rsource -j REJECT
# Akses ssh dari luar cuma bisa dari mac address gue
-A INPUT -i eth0 -p tcp --dport 22 -m mac --mac-source 7s:fg:92:ad:d8:c5 -j ACCEPT
-A INPUT -i tun0 -p tcp --dport 22 -m mac --mac-source 7s:fg:92:ad:d8:c5 -j ACCEPT
#Akses ssh dari dalem lokal bisa semua
-A INPUT -i eth1 -s 192.168.100.0/22 -p tcp --dport 22 -j ACCEPT
#Accept loopback
-A INPUT -i lo -j ACCEPT
#Accept Openvpn
-A INPUT -p udp -m udp --dport 1194 -j ACCEPT
#Accept HTTPS
-A INPUT -p tcp -m tcp --dport 443 -j ACCEPT
#Perbolehkan semua akses dari lan keluar
-A OUTPUT -s 192.168.100.0/22 -o eth0 -j ACCEPT
-A OUTPUT -m state --state NEW,RELATED,ESTABLISHED -j ACCEPT
COMMIT
# Completed on Fri Nov 9 19:26:07 2012


Atau bisa unduh filenya langsung disini

Kira-kira baru segitulah script firewall untuk router debian saya. Masih banyak kekurangan disana-sini. Tapi semoga tetap dapat menambah referensi bagi kalian yang membacanya. Atau ada yang bisa menambahkan? Monggo silahkan komentar dibawah kalau memang ada yang ingin mengoreksi atau ingin menambah sesuatu pada script tersebut :D

Semoga bermanfaat :)

Perbaikan Ubuntu Karena Sistem Kernel Linux Terhapus

Pernah suatu ketika berbuat kesalahan fatal dengan menghapus sistem kernel Linux, kemudian tidak tahu harus bagaimana mengatasinya? Error dong :)

Semoga tips ini bisa berguna  (Ubuntu 12.10/12.04/11.10 dan versi sebelumnya )

Kebutuhan :
  • Koneksi Internet
  • Ubuntu Live CD/DVD/USB

Prosesinya :

  • Nyalakan komputer dengan Ubuntu Live, ketika sampai pada welcome screen pilihlah Try Ubuntu without installing
  • Tunggu sampai proses loading selesai & kita dibawa pada desktop ubuntu, kemudian di terminal ketikkan perintah :


     sudo fdisk -l

Misal disana akan keluar seperti ini *tergantung masing-masing komputer







Kemudian jalankan perintah berikut :

sudo mkdir -p /media/ubuntu
sudo mount /dev/sda1 /media/ubuntu
sudo mount --bind /dev /media/ubuntu/dev
sudo mount --bind /proc /media/ubuntu/proc
sudo mount --bind /sys /media/ubuntu/sys
sudo chroot /media/ubuntu


**ubuntu bisa diganti nama lainnya

Kemudian install kernel Linux dengan perintah :

apt-get install linux-image-generic

Setelah installasei selesai, remove Ubuntu Live CD/DVD/USB dan reboot komputer.

Semoga bisa berjalan jo..






Cara Download Background Image di gmail


Save Image As..
Mumpung inget dan lagi sempet :) saya coba tulis tips untuk yang ingin mendownload background image di akun gmail.

Seperti kita ketahui, gmail memiliki theme yang bisa kita pilih sesuai selera kita. Itu salah satu yang bikin saya nyaman, dengan tampilan gmail akun saya.

Betapa tidak? di akun gmail, saya selalu disajikan landscape yang indah bertemakan gunung. Yup kan saya juga suka gunung jo.. hehe..

Jadi inget nulis ini karena kemarin sempet ada teman yang nanyain bagaimana caranya mendownload background image di gmail kita.

Oia, tips ini menggunakan Firefox 16.0.1 Ubuntu
Firefox web Browser for Ubuntu
Begini caranya :
  1. Login ke gmail
  2. Klik Kanan, pilih View Page Info
  3. Pilih Media
  4. Cari image theme yang muncul
  5. Klick Save As...
Nah begitulah jo cara download background image yang ada di akun gmail kita :)

08 November 2012

Percepat Proses Boot Up Ubuntu

Ingin mempercepat proses bootup ubuntu yang (masih) merasa kelamaan nungguin prosesnya tanpa harus menekan tombol Enter?

Kita bisa melakukannya dengan mengatur lama waktu boot up dengan cara mengedit file  :

 /etc/default/grub

Untuk melakukannya, bisa dengan perintah berikut :

sudo gedit  /etc/default/grub 

Lakukan pengaturan delay waktu pada file tersebut (lihat gambar)
Lakukan pengaturan lamanya waktu boot up
Oke jo.. moga tips ini bisa berjalan dikomputermu :)

Boot Repair, Tools Untuk Memperbaiki Masalah Booting

Boot Repair
Boot Repair adalah sebuah tool yang bisa memperbaiki masalah pada saat booting komputer dengan sistem Ubuntu, khususnya untuk sistem dual operating system.

Misal, kita menginstall dual os Ubuntu & windows 7 yang bermasalah dengan proses booting.

Boot_repair bisa mempermudah kita dalam menginstall GRUB untuk kemudian menjalankan sistem operasi yang terinstall.

Boot)Repair memiliki kemampuan untuk :

  • Backup tabel partisi
  • Backup bootsector
  • Membuat Boot-Info
  • Membuat perubahan pada beberapa parameter booting
  • Menentukan OS default
  • Merestore MBR Windows
  • Repair Broken Filesystem dll

Boot Repair sendiri merupakan aplikasi dengan lisensi GNU-GPL.

Download Boot Repair

Boot-Repair juga disertakan di Ubuntu-Secure-Remix  (multi languages, 32 / 64bits, based on Ubuntu 12.04 LTS. Jalankan Boot-Repair dari Dash, untuk versi  64 bits telah UEFI-compatible)

Install di Ubuntu

  1. Boot komputer dengan Ubuntu Live CD
  2. Pilih Try Ubuntu
  3. Koneksi internet
  4. Buka terminal dan ketikkan :
sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair && sudo apt-get update

sudo apt-get install -y boot-repair && boot-repair



Reinstall GRUB
Pilih lokasi installasi GRUB
Repair Boot
yup jo..





Konfigurasi Proxy Server dengan Autentifikasi di Debian 6

perkenalkan saya penulis baru di Linuxku.com. kali  ini saya akan share caranya konfigurasi proxy server yang diautentifikasi menggunakan squid tetapi di sisi lain kita juga membutuhkan apache2 untuk membuat password nya. oke langsung saja ke cara nya ....

1. Install terlebih dahulu squid 
    apt-get install squid

2. Install juga apache2 jika belum di install
    apt-get install apache2

3. Jika sudah kita matikan squidnya dan edit squid.conf
    # /etc/init.d/squid stop
    #
htpasswd /etc/squid/passwd [username]
    # dpkg -L squid | grep nsca_auth
    maka hasilnya:
    /usr/lib/squid/ncsa_auth


4. # nano /etc/squid/squid.conf

Kita cari dan rubah file ini

cache_mem 8 (hilangkan tanda #)
cache_mgr wahyupoer
(hilangkan tada #)
visible_hostname wahyupoer
(hilangkan tanda #)
acl localnet src 172.16.20.0/24
acl situs url_regex -i "/etc/squid/blokir.txt"

auth_param basic program /usr/lib/squid/ncsa_auth /etc/squid/passwd
auth_param basic children 5
auth_param basic realm Squid proxy-caching web server
acl ncsa_users proxy_auth REQUIRED

http_access deny situs
http_access allow ncsa_users
http_access allow localnet
http_access allow localhost
Jika sudah disave lalu kita lanjut
# nano /etc/squid/blokir.txt
isikan situs apa saja yag ingin anda blokir

facebook.com
youtube.com
porn

xxx

5.  Jika sudah disave lalu lanjut
     # squid -z

     jika ada error maka terjadi kesalahan dan koreksi lagi squid.confnya
     jika ada tulisan swap direktori blablabla maka berhasil
 

6.  jika sudah reboot komputer Server
 
7.  setting IP proxy di Browser Client anda dengan port 3128 dan IP Server Proxy tersebut dan centang semuanya

Jika masih bingung silahkan bertanya. semoga bermanfaat.


SUMBER

07 November 2012

Install SWAT (Samba Web Administration Tools) di Fedora 17


Sudah hampir tiga hari ini saya selalu membahas mengenai cara instalasi dan sharing file dengan Samba di Fedora 17. Nah pada postingan kali ini saya masih membahas seputar Samba. Yaitu Cara Install SWAT di Fedora 17. Apa itu SWAT? SWAT (Samba Web Administration Tools) adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengadministrasi Samba. Fungsinya hampir mirip seperti Phpmyadmin atau Webmin saja sih sebenarnya, yaitu untuk memudahkan dalam mengontrol dan mengkonfigurasi aplikasi yang tidak ada tampilan GUInya. Jadi enak, kalau ingin mengkonfigurasi Samba tidak perlu lagi untuk mengedit secara manual file smb.conf nya, tapi cukup tinggal klak-klik doang jika menggunakan SWAT.

Untuk menginstall SWAT di Fedora 17, cara-caranya adalah sebagai berikut :

1. Install xinetd dan SWAT

# yum -y install xinetd samba-swat

2. Edit file /etc/xinetd.d/swat

# nano /etc/xinetd.d/swat

Cari baris disable = yes, lalu ganti menjadi disable = no


Jika sudah, simpan dan tutup file tersebut.

3. Jalankan service dan mengaktifkan SWAT saat komputer autostart

# systemctl start xinetd.service
# systemctl enable xinetd.service


4. Testing

Buka browser dan arahkan ke alamat http://localhost:901, nanti jika diminsta memasukkan username dan password, masukkan username dan password root kalian. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini.


Semoga bermanfaat :)

SUMBER

Memperbaiki Error Message "Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock"

Pernah suatu ketika saya melakukan update dengan sudo apt-get update, tapi yang muncul adalah :





E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)

Akibatnya, kita tidak bila updating. Senewen juga sih dibuatnya, akhirnya cari sana sini ketemu tipsnya untuk mengatasi perintah tersebut.

Dengan perintah berikut, akhirnya masalah tersebut bisa teratasi :) alhamdulillah..

sudo rm /var/lib/apt/lists/lock

Catatan :

Ketika mengetikkan perintah tersebut, pastikan :

  • Synaptic (Paket Manajer) tidak terbuka
  • Update manager tidak sedang berjalan

06 November 2012

Install Cinnamon, Ubuntu

Cinnamon
Sudah lama ternyata menggunakan Unity Desktop di Ubuntu. Tiba-tiba pengin memiliki layout sederhana di ubuntu saya.

Sebenarnya, bisa sih saya pakai LXDE, tapi tetep pingin yang lain. Akhirnya diputuskan untuk menggunakan Cinnamon.

Nantinya akan seperti yang ada di Linux Mint, yang kebetulan dulu pernah saya gunakan :)
Jadi.. langsung aja kita install cinnamon nya

Cara:

Ketikkan di terminal perintah berikut :

sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-stable
sudo apt-get update

sudo apt-get install cinnamon


Tunggu aja sampai selesai, isikan password jika diminta. Setelah selesai, logout dan pilih login dengan Cinnamon 

Cara Install & Setup Live Wallpaper Ubuntu

Live Wallpaper
Bila kita menginstall ubuntu, tentunya akan memiliki desktop wallpaper bawaan yang terkesan sederhana.

Yap, sederhana, karena memang begitulah adanya :) Karena itu mungkin kita ingin memiliki desktop yang berbeda.

Salah satu opsi yang ada yaitu dengan menginstall Live Wallpaper. Dengan Live Wallpaper ini, kita akan memiliki desktop yang "hidup" wow... seperti apa?

Cara :
Masukkan PPA  livewallpaper berikut kedalam software source, dengan :
  • sudo add-apt-repository ppa:fyrmir/livewallpaper-daily
  • sudo apt-get update && sudo apt-get install livewallpaper livewallpaper-config livewallpaper-indicator 
Konfigurasi Livewallpaper
Setelah mengetikkan kedua perintah tersebut, dari Dash (launcher menu) Ubuntu bisa mengetikkan livewallpaper, maka akan ada dua opsi :
  1. Livewallpaper Configuration (pengaturan live wallpaper)
  2. Live Wallpaper (menjalankan livewallpaper)
Begitu kita selesai melakukan pengaturan, dak mengaktifkan livewallpaper maka kita akan bisa menikmati wallpaper tersebut.

Biar jelas, langsung praktek aja dah :) Ok jo..

Cara Sharing File dengan Samba di Fedora 17 (Part 1)


Postingan selanjutnya mengenai administrasi Server di Fedora 17 adalah cara Sharing file dengan Samba. Yup, kali ini kita akan belajar membuat sebuah file server yang dapat diakses oleh multi platform baik itu Linux, Windows, maupun Mac.

Pada postingan Samba ini, saya akan membaginya menjadi dua part. Part yang pertama adalah sharing file dengan Samba dengan hak akses penuh untuk semua user. Sedangkan part yang kedua nanti adalah sharing file dengan Samba yang menggunakan autentikasi password. Baiklah, langsung saja ya, yuk check this out!

Cara Sharing File dengan Samba di Fedora 17 (Part 1)

1. Install Samba :

# yum -y install samba

2. Edit file smb.conf :

# nano /etc/samba/smb.conf

Cari baris workgroup (gunakan CTRL + W untuk mencari kata kunci), lalu ganti menjadi workgroup = WORKGROUP.

Cari lagi baris hosts allow = dan ganti menjadi hosts allow = 127. 192.168. 172.16.


nb : 192.168. dan 172.16. adalah jangkauan network dari client yang ingin mengakses file yang telah kalian sharing. Jika client kalian ip addressnya adalah 10.8.0.1, maka tambahkan pada hosts allow tersebut baris 10.8.



Kemudian pada baris paling bawah, tambahkan kode-kode berikut ini :

[Share] # Nama folder yang ingin kalian share (bebas)
path = /home/share
# directory yang akan dishare
writable = yes
# dapat ditulis (cut,copy,dll)
guest ok = yes
# Guest boleh mengakses
guest only = yes
# Hanya Guest yang boleh akses
create mode = 0777
# Akses penuh pada seluruh file
directory mode = 0777
# Akses penuh pada seluruh direktori
share modes = yes
# Bisa dishare


Simpan dan tutup file tersebut.

3. Buat direktori yang ingin dishare :

# mkdir /home/share

4. Beri hak akses penuh pada Guest user :

# chown -R rizal.rizal /home/share
# chmod -R 777 /home/share


nb: rizal adalah nama user kalian masing-masing. Pokoknya selain user root.

5. Jalankan service dan mengaktifkan Samba pada saat komputer startup

# systemctl start smb.service
# systemctl start nmb.service
# systemctl enable smb.service
# systemctl enable nmb.service


Semoga bermanfaat :)

SUMBER

05 November 2012

Install FTP Server Proftpd di Fedora 17


Setelah kemarin saya sudah memposting tentang cara instalasi LAMP Webserver dan SSH Server dengan Fedora 17, pada kesempatan kali ini saya ingin memposting tentang cara instalasi aplikasi server yang lainnya di Fedora 17. Yaitu cara Install FTP Server dengan menggunakan Proftpd di Fedora 17.

Bagi yang belum mengetahui apa itu FTP Server, FTP Server adalah sebuah aplikasi server yang bergerak di bidang download dan upload file di jaringan. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu FTP Server, mungkin kalian bisa searching-searching dulu di internet, karena sudah banyak kok yang membahas ini disana. Baiklah, langsung saja cekidot!

1. Install FTP Proftpd Server-nya :

# yum -y install proftpd

2. Edit file /etc/proftpd.conf

# nano /etc/proftpd.conf

Disini edit beberapa baris konfigurasi seperlu kalian saja. Seperti baris ServerName, ServerAdmin, dan ServerIdent. Selain itu biarkan saja apa adanya.


3. Tambahkan user yang dilarang mengakses FTP :

Proftpd memiliki fitur untuk membatasi siapa-siapa saja yang diperbolehkan untuk mengakses FTP Server. Semua user yang TIDAK diperbolehkan tersebut dideskripsikan pada file /etc/ftpusers.

# nano /etc/ftpusers


4. Jalankan service dan mengaktifkan autostart saat komputer booting

# systemctl start proftpd.service
# systemctl enable proftpd.service


5. Testing

Buka browser dan arahkan browser kalian ke alamat ftp://localhost. Nanti akan muncul permintaan login, isikan dengan username dan password kalian masing-masing.



Semoga bermanfaat :)

SUMBER

04 November 2012

Menjadi Penulis di www.sayabisa.com

Setelah hampir 5 tahun lebih kami berkontribusi di dunia perbloggingan, akhirnya saya sebagai penulis utama kini mulai mengalami banyak hambatan dalam mengembangkan blog ini. Mulai dari kesibukan sekolah, organisasi, pekerjaan, sampai tidak adanya koneksi internet membuat blog ini menjadi sering saya telantarkan. Sempat saya hiraukan saja permasalahan tersebut, karena saya pikir toh tidak terlalu urgent juga. Tapi lama kelamaan, hilangnya konsistensi saya dalam menulis di blog ini menyebabkan banyak kerugian juga. Menurunnya popularitas blog ini dimata search engine adalah salah satunya. Akhirnya suatu waktu ada seseorang yang menyarankan saya untuk mencari penulis lain agar blog ini tetap terurus ketika penulis utamanya sedang tidak bisa, suatu hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya pikir, wah ide bagus juga. Toh ga ada ruginya kan?

Nah, oleh karena itu, saya sebagai founder blog kami mengundang kalian para pembaca maupun para penulis dari blog lain untuk ikut bergabung menjadi penulis di blog kami. Untuk kemajuan blog ini dan dunia Open Source juga kok. :)

Kenapa kalian harus gabung sama kami?


1. Tulisan kalian pasti dibaca oleh banyak pengunjung.

Saat ini blog kami sudah berpage-rank 1 dan memiliki pengunjung rata-rata sebanyak 2000 pageviews perharinya. Dan sudah mencapai 500 ribu lebih pengunjung sejak blog ini dibuka Oktober tahun lalu. Selain itu blog ini juga memiliki lebih dari 300 penggemar pada Fan Page di Facebook dan 1000 Followers di Twitter. Bukti bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Bayangkan berapa pengunjung yang akan melihat tulisan kalian dalam seminggu? sebulan? atau setahun? So, jangan ragu dan khawatir lagi. Kalian telah menulis di blog yang tepat.


2. Blog already!

Seperti yang sudah kalian lihat, kami sudah memiliki desain blog yang siap pakai. Dengan template dinamis ala HTML5 yang simpel dan atraktif, akan membuat para pengunjung betah berlama-lama disini. Uniknya, disini para pengunjung bisa bebas memilih tampilan seperti apa yang akan muncul, sangat dinamis dan tidak statis seperti blog-blog kebanyakan. Di bagian depan, akan memuat seluruh artikel yang pernah ditulis dengan tidak ada batas perhalamannya, tinggal scroll kebawah saja maka seluruh artikel akan muncul. Selain itu, kami juga dilengkapi dengan pencarian yang dimotori oleh bawaan dari Blogger, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel yang mereka ingin baca. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan pembaca dapat mengetahui artikel apa saja yang pernah ditulis di kami.

Tampilan default Magazine


Tampilan Time Slide

Tampilan Mozaic

3. Maintenance Free

Kalian tidak perlu memikirkan tentang maintenance blog karena kami menggunakan layanan Blogger yang unlimited bandwidth serta jaminan up time dan keamanan yang tinggi. Adapun masalah-masalah teknis lainnya, saya sebagai admin akan menanganinya.

4. Hasil tulisan akan dikomentari oleh para pengunjung.

Dulu waktu saya baru pertama kali jadi penulis di blog ini, rasanya tulisan kita dikomentari oleh pengunjung itu seneeeng banget. Nah, bagi kalian yang ingin tulisan kalian dikomentari oleh para pengunjung, menulis di blog ini adalah pilihan yang pas. Karena saat ini, dari 239 artikel yang telah dimuat di blog ini, sudah lebih dari 700 komentar yang para pengunjung buat pada total seluruh artikel. Kalian memang tidak akan mendapatkan keuntungan materi dengan menjadi Penulis di kami. Namun, kalian bisa mendapatkan lebih dari itu! Bayangkan kalian menulis sesuatu yang berkualitas dan ada perusahaan yang membaca tulisan kalian, bisa jadi kalian malah langsung ditawari pekerjaan di perusahaan mereka. Siapa yang tahu kan? Jadi tenang saja, apresiasi dari para pengunjung sangat antusias kok.

747 komentar sudah dipublikasikan

5. Melatih kemampuan dan menambah kreatifitas kalian dalam menulis sebuah artikel.

Menulis itu banyak sekali manfaatnya. Selain menambah kreatifitas, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, juga mendapatkan pahala jika tulisan kalian itu bermanfaat bagi orang lain. Belum lagi unsur-unsur menguntungkan yang lain seperti dapat dijadikan profesi yang tentunya menghasilkan uang, menambah teman, menambah ilmu, dan lain-lain. Ada pepatah yang bilang, "Abadikan pikiranmu dengan menulis". Maksudnya apa? Manusia itu tempatnya salah dan lupa, jadi jika kalian memiliki ide-ide cemerlang akan sangat disayangkan jika kalian tidak mencatatnya dengan menulis. Bisa jadi ide cemerlang tersebut akan hilang entah kemana. Bahkan jika Nabi Muhammad tidak menulis Al-Quran bagaimana jadinya sekarang?

6. Sebagai ajang promosi blog.

Dengan Pageviews dan page rank yang cukup tinggi, maka sudah dipastikan seluruh link yang ada di blog kami.com ini akan sangat cepat diindex oleh google dan mendapatkan backlink. Sudah banyak teman-teman blogger saya yang melakukan tukar link dengan blog ini yang dapat kalian disini. Jika kalian menjadi penulis di kami, maka secara otomatis link blog kalian akan saya cantumkan juga disini. Dan bersiap-siaplah akan kedatangan para pengunjung baru.

7. Get the Reward!

Setiap penulis yang menulis disini tentunya akan dapat diketahui oleh saya tulisan apa saja yang telah dibuat, isinya apa, dan seberapa banyak tulisan yang kalian buat pun saya dapat mengetahuinya. Nah, untuk itu, tiap penulis yang sudah menuliskan sebanyak 30 artikel maka akan mendapat reward langsung dari kami (berlaku untuk kelipatannya). Rewardnya apa? Nantikan saja kejutannya!

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungannya, lalu apa aja sih syarat untuk menjadi penulis di kami ?

1. Konsistensi

Konsistensi bukan berarti kalian harus tiap hari memposting di blog ini. Saya memberikan kebebasan kepada kalian kapanpun kalian bisa memposting, ya silahkan memposting. Tapi Penulis yang saya ijinkan bergabung adalah penulis yang konsisten dan telaten dalam menulis dan berbagi informasi kepada para pembaca. Saya harapkan kalian bisa menulis secara rutin entah itu dua hari sekali, seminggu sekali atau paling tidak sebulan dua kali.

2. Konten

kami banyak membahas mengenai komputer, Linux, Jaringan, dan apapun mengenai dunia Open Source sehingga isi yang dapat dimuat di kami adalah yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Jangan pernah menulis mengenai hal-hal yang melanggar hukum pada artikel yang dimuat seperti aplikasi bajakan, ajakan untuk melanggar hukum atau konten yang berisi pornografi, sara, kekerasan, dll. Selain itu kalian juga WAJIB mencantumkan link url sumber dan penulisan minimal per artikel adalah 100 kata.

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab isi tulisan adalah sepenuhnya oleh penulis, seperti tulisan tentang informasi harus akurat dan bukan rekayasa. Tulisan harus sopan, santun dan hasil karya sendiri dan belum pernah di posting maupun ditulis dalam media apapun (termasuk di blog sendiri) jadi tulisan yang kalian sumbangkan adalah khusus untuk blog kami.

Kalian berminat?


Jika kalian berminat ingin menjadi penulis di kami, silakan kirimkan permohonan kalian via email ke: rizalempol@gmail.com dengan subject "Menjadi penulis di www.sayabisa.com".

Isi email tersebut dengan format seperti ini :

Nama :
Gmail yang digunakan untuk akun Blogger:
Jenis kelamin :
Pekerjaan :
Keahlian : (misalnya jaringan, programming, desain grafis, dll.)
Alasan ingin jadi penulis di www.sayabisa.com :

Sementara ini hanya persyaratan diatas saja yang saya ajukan. Persyaratan diatas dapat diubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Terima kasih dan selamat bergabung di www.sayabisa.com :)

Dimanakah script /etc/rc.local di Fedora 17 ?


Ketika saya dulu masih menggunakan Ubuntu di laptop saya, saya sering memasukkan script-script pada file rc.local agar script tersebut dapat berjalan otomatis ketika Ubuntu pertama kali dimulai/booting. Namun ketika saya baru bertemu Fedora 17 yang sekarang ini, ternyata file /etc/rc.local tersebut tidak ada. Nah loh, ada dimana ya?

Akhirnya setelah googling-googling saya pun menemukan caranya. Awalnya saya sempat mengira file rc.local ini namanya beda kalo di Fedora, eh ternyata tidak. Nama file dan kegunaannya sama, tetap rc.local. Namun semenjak Fedora versi 16, file rc.local ini udah ditiadakan gatau kenapa. Nah, untuk memunculkan file rc.local ini kembali, caranya cukup mudah, yaitu seperti yang saya jabarkan dibawah ini :

1. Masuk mode root :

$ su

2. Buat file rc.localnya :

# touch /etc/rc.d/rc.local

3. Edit file rc.local :

# nano /etc/rc.d/rc.local

Setelah terbuka, tambahkan skrip berikut ini didalamnya :

#!/bin/sh

Nantinya jika kalian ingin menambahkan script-script apapun tinggal tambahkan dibawah baris #!/bin/sh tadi. Jika sudah simpan dan tutup filenya.

4. Berikan hak akses executable :

# chmod 755 /etc/rc.d/rc.local

Semoga bermanfaat :)

SUMBER