11 June 2013

Install Driver Printer Canon Pixma MP237 di Ubuntu 12.04

Sebenernya udah lama saya ingin menulis artikel tentang ini, karena printernya sendiri sudah saya beli dari satu bulan yang lalu. Tapi karena belum sempat, akhirnya baru bisa malam ini deh nulisnya. hehe

Sebelumnya, saya ingin sedikit promosi dulu mengenai Printer yang satu ini ya. Supaya kalian tidak bingung lagi ketika kalian membeli printer apakah bisa terinstall di Ubuntu atau tidak.


Printer Canon Pixma MP237 merupakan printer All-in-one yang menurut saya sangat recommended untuk orang-orang yang membutuhkan Printer dengan fungsi All-in-one (Print,Scan,Copy) yang kantongnya tipis (termasuk saya) hehe. Khususnya untuk para pengguna Ubuntu, printer ini juga sangat mudah kok diinstallnya. Jadi kalau kalian ingin beli printer dengan fungsi lengkap di Ubuntu, saya sarankan kalian beli printer tipe ini saja.

Nah, pada postingan kali ini, saya ingin memberikan petunjuk cara instalasi Driver Printer Canon Pixma MP237 di Ubuntu 12.04.

A. INSTALASI PRINTER

1. Pertama download terlebih dahulu driver printernya disini.
2. Setelah terdownload, ekstraklah file tersebut sehingga kalian akan menemukan folder bernama cnijfilter-mp230series-3.80-1-deb.


3. Masuklah kedalam direktori tersebut, kemudian klik dua kali pada file install.sh lalu pilih Run in Terminal.


4. Selanjutnya tinggal kalian ikuti saja petunjuk instalasinya.
5. Jika sudah selesai, seharusnya akan muncul ikon printer di menu Printing seperti ini :


Silahkan lakukan Test Print untuk memastikan bahwa driver sudah terinstall dengan baik.

B. INSTALASI SCANNER

1. Download terlebih dahulu driver scannernya disini.
2. Lakukan hal yang sama seperti langkah instalasi driver printer diatas, yaitu mengekstrak file yang telah kalian download kemudian masuklah kedalam direktori hasil ekstraksi tersebut.
3. Jalankan juga file install.sh lalu pilih Run in Terminal.
4. Selanjutnya tinggal kalian ikuti saja petunjuk instalasinya.
5. Untuk menjalankan scanning, tekanlah kombinasi keyboard alt + F2 lalu masukkan perintah scangearmp seperti gambar dibawah ini :


Berikut adalah tampilan hasil scanning jika sudah berhasil terinstall :


Semoga bermanfaat :)

SUMBER

No comments:

Post a Comment