15 July 2013

Linux Ubuntu 12.04 menggunakan Elementary Sebagai Desktop Environment

Hai lagi, ketemu lagi di blog Tutorial Linux Ubuntu Berbahasa Indonesia. Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama menggunakan Ubuntu dengan menggunakan Elementary Pantheon Shell sebagai Desktop Environment saya.
Elementary adalah desktop environment baru yang ringan, desktop environment utama ditulis dengan Vala dan GTK+, elementary didesain dengan gaya top panel Gnome, menu utama dan indikator berada dikiri, user menu berada disebelah kanan. di screen bawah terdapat launcer (Docky).
Menurut saya elementary lebih baik daripada Gnome, lebih ringan dan lebih enak dilihat. Dan lagi saya jarang menemukan crash seperti yang sering saya temui di Gnome. Berikut ini tampilah dari elementary desktop environment:


Jika anda tertarik menggunakan elementary sebagai desktop environment anda,Berikut ini adalah cara menginstall pantheon shell - elementary di linux ubuntu.
sudo add-apt-repository ppa:elementary-os/daily
sudo apt-get update
sudo apt-get install elementary-desktop
Setelah selesai install, logout, dan di login screen pilih Pantheon dan login. Sekarang Desktop Environment Elementary berjalan pada Ubuntu 12.04 LTS.
Untuk aplikasi tambahan saya rekomendasikan anda menginstall juga Ubuntu-Tweak dan dconf-tool untuk memudahkan kita dalam management OS.


Sekian, semoga dengan artikel di blog Tutorial Linux Ubuntu Berbahasa Indonesia dapat menambah pengetahuan anda tentang linux.
 
Semoga Bermanfaat,
Salam penguin! :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive