12 July 2013

Shell Script FTP Otomatis di Linux Ubuntu



Ternyata hal ini jadi sebuah permasalahan yang cukup menyebalkan untuk kebanyakan orang. Ketika membutuhkan upload otomatis dari server kita ke server lain. Bayangkan jika file yang harus diupload itu banyak dan memiliki jarak waktu yang cukup lama, masih harus kah kita meng-upload file-file tersebut secara manual? Kalau saya tidak, karena saya tipe orang pemalas pada dasarnya, jadi sebisa mungkin saya mencari cara bagaimana hal tersebut berjalan secara otomatis :p
Kita analogikan kita memiliki 2 server, dimana :
Server1 = 192.168.1.1
Server2 = 192.168.1.2
Dalam skenario-nya kita akan melakukan upload otomatis over ftp dari server1 ke server2, maka shell script untuk ftp otomatis di linux ubuntu nya akan seperti ini :

SHELL=/bin/sh
PATH=/sbin:/bin:/usr/sbin:/usr/bin

HOST='192.168.1.2'
USER='server1'
PASSWORD='server1pwd'
FILE='/path/file/anda/berada'

ftp -n $HOST << END_SCRIPT
quote USER $USER
quote PASS $PASSWORD
put $FILE
quit
END_SCRIPT
exit 0

Perlu saya ingatkan, pada path file yang akan di upload ada baiknya tidak disimpan di folder /root/ karena ini berpotensi shell script atau ftp tidak bisa mengakses path tersebut. Hal itu terjadi pada saya, saya menyimpan file yang akan di upload di folder /root/foldersaya/filesaya.txt
Atau jika anda tetap ingin menyimpan file tersebut sama persis dengan ilustrasi diatas, maka ada baiknya shell script ftp anda disimpan di folder /root/folder-shell-script/shell-script-anda.sh. Saya sarankan juga agar file yang akan anda upload berada difolder yang sama dengan shell script anda. Lalu pada bagian FILE di shell script anda, haruslah menjadi seperti ini :
FILE='./file-anda'
Karena jika tidak begitu, masalahnya si file tidak akan dapat terbaca dan kurang lebih akan muncul error seperti ini :"Could not creating file".

Oke saya cukupkan sekian untuk tutorial ftp otomatis di linux ubuntu ini,
Semoga bisa bermanfaat,
Salam penguin! :) 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive