07 November 2013

Install Equalizer dan Plugins Lengkap Untuk Rhythmbox

 
Rhytmbox yang jadi default audio player bersamaan ketika kita menginstall ubuntu adalah sebuah player yang baik.

Rhytmbox ini hadir dengan berbagai kemampuan untuk memutar file-file audio dan juga memiliki banyak plugins yang bisa kita aktifkan dari menu plugins.

Tetapi ketika kita menggunakan Rhytmbox ini, satu hal yang tidak ditemukan adalah Equalizer. Mungkin ketika kita memutar audio dan mendengarkannya di speaker mini atau headset, hal itu tidak terlalu berpengaruh, tapi saat kita menikmatinya di sis speaker yang lebih besar, misal pada sistem 2.1 umumnya kita ingin bisa menyesuaikan tone yang dihasilkan oleh player ini sesuai dengan karakter musik yang dibawanya.

Disitulah kita merasa membutuhkan adanya equalizer. Lalu, bisakah kita menginstall equalizer di Rhytmbox? Bisa. Yup.. kita bisa menambahkan equalizer di Rhytmbox.

Caranya? Caranya begini :
Kita akan menginstall plugins Rhytmbox yang tidak terinstall secara default ketika menginstall ubuntu. Ketikkan baris perintah ini di terminal

sudo add-apt-repository ppa:fossfreedom/rhythmbox-plugins 
sudo apt-get update
sudo apt-get install rhythmbox-plugin-complete


Seperti biasa ketikkan password yang diminta oleh sistem dan saat ditanya apakah kita akan melanjutkan installasi, jawab saya "Y" dan tunggu sampai installasi plugins-nya selesai.

Setelah installasinya selesai, segera kita bisa melakukan pengaturan plugins, untuk mengaktifkan plugins Equalizer melalui menu Tools >> Equalizer.

No comments:

Post a Comment