13 December 2013

Cara Mengganti Login Page Hotspot Mikrotik

Jika kalian sudah mengkonfigurasi Mikrotik kalian sebagai sebuah hotspot gateway, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan tampilan login page seperti ini :


Nah, apabila kalian bosan dengan tampilan yang itu-itu aja dan ingin mengganti tampilan login page tersebut dengan template milik kalian sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pertama-tama downloadlah template login page Mikrotik yang kalian mau. Searching saja di google, banyak kok yang membagikan template yang keren-keren. Kalau saya biasa download dari web ini.

2. Setelah terdownload, biasanya filenya masih berbentuk zip. Oleh karena itu silahkan kalian ekstrak sampai kalian menemukan satu folder yang berisi file-file html didalamnya.


3. Selanjutnya silahkan kalian edit seluruh tampilan halaman login tersebut sesuai keinginan kalian. Tentunya saya tidak akan memberi tahu bagaimana cara mengeditnya, karena itu tergantung dengan kebutuhan kalian masing-masing. File yang biasa diedit sih biasanya semua file yang berbau .html, dan juga mengganti gambar-gambar yang lama dengan gambar baru sesuai keinginan. Silahkan di explore sendiri ya.

4. Kemudian, kirimkan folder yang berisi file-file halaman login tersebut ke Mikrotik kalian. Kalau saya biasa menggunakan service FTP dengan memakai aplikasi filezilla.


5. Setelah dikirim, remote Mikrotik kalian dengan winbox. Kemudian akses menu IP > Hotspot > Server Profiles. Klik 2x untuk mengedit pada Profile Hotspot yang sedang kalian gunakan saat ini. Kalau kalian hanya mempunyai 1 buah server hotspot dan belum pernah kalian otak-atik sebelumnya, biasanya nama Server Profile yang digunakan adalah hsprof1.

6. Pada jendela baru yang muncul, silahkan kalian ganti menu HTML Directory menjadi nama folder template login page yang baru (yang kalian sudah kirimkan ke Mikrotik). Misalnya disini nama folder saya adalah cilsy. Jika sudah klik Apply.


7. Sekarang cobalah untuk login ulang pada komputer klien dan lihat hasilnya.


Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment