05 December 2013

Mengatasi Masalah Pencarian Dash Unity yang Sangat Lambat di Ubuntu 13.10


Hai kawan-kawan pembaca setia Linuxku.com, sudah lama rasanya saya tidak menulis lagi di blog ini. Maklum lah kesibukan seorang pelajar yang sedang tersiksa dengan tugas-tugas yang menumpuk. -_- Tapi tenang, walaupun susah sekali menemukan waktu untuk bisa bermesraan lagi dengan si Linux, tapi saya masih sempat kok untuk sedikit mengoprek laptop saya. Dan hasilnya saya mempunyai 2 buah artikel yang sepertinya cukup menarik untuk saya bagikan kepada kalian.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan satu buah artikel mengenai tips untuk mengatasi masalah pencarian dash unity yang sangat lambat di Ubuntu 13.10. Mungkin ada diantara kalian yang juga pernah mengalami masalah yang sama seperti saya, dimana ketika kita mencari atau mengetikkan sesuatu di Dash Home Unity kita, entah kenapa hasilnya lama sekali munculnya. Padahal ketika saya mencari aplikasi/file yang sama menggunakan aplikasi Synapse, hasilnya bisa muncul dalam waktu yang instan. Menurut saya ini mengganggu sekali. Seharusnya fitur pencarian Dash Unity ini bisa jauh lebih memudahkan saya apabila bekerja secara optimal.

Selidik punya selidik, ternyata masalah ini muncul karena database aplikasi zeitgeist yang penuh. Seperti yang sudah kalian ketahui, Zeitgeist adalah aplikasi yang memanage seluruh fasilitas pencarian yang ada pada Unity Dash. Sehingga ketika database zeitgeist ini penuh maka otomatis proses pencarian akan menjadi lebih lama. Nah, oleh karena itu kita perlu untuk membersihkan databasenya agar si zeitgeist ini menjadi ringan kembali. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Install terlebih dahulu aplikasi sqlite3 :

$ sudo apt-get install sqlite3

2. Buat script cleanupdash pada folder /etc/cron.daily agar script ini dapat dieksekusi secara otomatis setiap hari :

$ sudo gedit /etc/cron.daily/cleanupdash

Isikan didalamnya dengan script berikut :

#!/bin/sh
sqlite3 ~/.local/share/zeitgeist/activity.sqlite vacuum


3. Berikan hak executable agar script tersebut dapat dieksekusi :

$ sudo chmod 744 /etc/cron.daily/cleanupdash

Sampai tahap ini maka database zeitgeist kalian akan selalu di refresh setiap harinya.

4. Jalankan script cleanupdash agar efeknya langsung terasa saat itu juga :

$ sudo sh /etc/cron.daily/cleanupdash &

5. Sekarang cobalah kalian test dan rasakan perbedaannya.


Semoga bermanfaat :)

SUMBER

No comments:

Post a Comment