19 December 2013

Tutorial Cara Auto Start VM VirtualBox

Jika anda menggunakan VirtualBox, hingga versi 4.3 belum terdapat opsi untuk melakukan auto start VM VirtualBox, atau menjalankan secara otomatis VM VirtualBox saat PC dinyalakan (Start up) seperti yang terdapat pada VMWare. Namun jangan khawatir, karena hal ini masih bisa diakali dengan menggunakan beberapa trik.

Fitur Auto start ini sangat bermanfaat ketika kita akan membuat dan menggunakan Proxy Server, dll menggunakan Mikrotik di PC sendiri, ataupun melakukan hal lainnya. Nah, agar fitur auto start VirtualBox dapat kita gunakan, ada beberapa trik yang harus kita jalankan. Trik yang paling mudah dan simpel adalah dengan membuat shortcut VM yang mau dijalankan dan menjalankannya secara otomatis ketika PC start up. 

Tutorial Cara Auto Start VM VirtualBox dengan mudah

:
1. Buka VirtualBox 
2. Klik kanan pada VM yang mau di Auto Start
3. Klik "Create Shortcut on Desktop"


5. Akan Muncul Shortcut VM VirtualBox di Desktop
6. Buka Windows Explorer, Masuk ke direktori ini :
C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup
7. Drag n Drop atau copy paste Shortcut nya ke direktori tadi


8. Kalo muncul peringatan seperti ini pilih "Continue" saja

9. Jadinya kaya gini :

10. Coba anda restart PC/Laptop nya. Saat Windows Start up maka VM VirtualBox nya akan jalan secara otomatis (auto start).

NB : Saya menggunakan Windows 8. Untuk versi Windows lain mungkin perlu disesuaikan untuk direktory start up nya. Dan untuk Linux ada caranya sendiri, silakan googling aja ya :)

Oke selamat mencoba dan semoga Tutorial Cara Auto Start VM VirtualBox ini bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive