28 February 2014

Gejala PC Karena Faktor X

Cara mengetahui gejala yang timbul karena human error atau computer sendiri yang error:


  1. apabila mengoprek komputer PC tanpa mematikan PC tersebut, kadang-kadang secara tidak sadar menyenggol atau membuat korsleting PC sehingga restart sendiri atau malahan mati total tanpa bisa menyalakannya lagi,. lebih baik gunakan dengan cara mencopot baterai BIOS, lalu pasang lagi. ataupun jika ada sistem pin jumper, silahkan tukar pin selama beberapa detik lalu kembalikan ke semula jumper tersebut. setelah itu silahkan nyalakan PC kembali, mudah-mudahan bisa hidup. kalaupun tidak hidup, silahkan bawa ke tempat service.
  2. apabila tiba-tiba PC muncul BLUE SCREEN ketika komputer berjalan,. lebih baik cek RAM (memory) apakah kapasitas dalam program sebanding dengan kapasitas RAM tersebut. silahkan cek melalui task manager. jika ternyata saat BLUE SCREEN muncul lalu kita mematikan PC secara paksa (tekan tombol power selama 5 detik) lalu tidak bisa restart, lebih baik gunakan cara 1. lalu masuk safe mode. cari letak masalahnya .
  3. apabila mati listrik dan seketika itupun PC mendadak mati, jika anda pengguna WINDOWS 7 janganlah khawatir karena terdapat sistem recovery dari OS ini sehingga saat kita menyalakan PC kembali, semua program yang terbuka sebelum mati listrik, akan tampil kembali.
  4. apabila komputer dinyalakan dan tidak ada respon dari monitor, akan tetapi PC tetap menyala,. lebih baik cek posisi RAM (memory) apakah sudah benar atau belum posisinya, ingat satu hal jangan mengubah atau mencabut RAM dalam posisi komputer menyala, jika ternyata posisi telah betul, periksalah posisi colokan vga dengan cara copot pasang, jika masih saja belum menyala periksalah pada bios, terletak dimanakah posisi yang harus terpasang, apakah via on board atau via vga card. jika masih belum menyala tukarlah RAM dengan yang lebih baik. jika masih juga berarti MOTHERBOARD rusak.
  5. apabila komputer dinyalakan lalu langsung mati, dinyalakan mati lagi,. lebih baik periksalah PROCESSOR karena berpengaruh besar terhadap kerja komputer. periksalah pertama kali pada heatsink fan atau kipas pada dudukan processor, jangan lupa untuk memberikan pasta antara processor dan fan dan periksalah apakah letaknya sudah benar atau tidak. jika masih saja begitu,gantilah dengan yang lebih baik.
  6. apabila komputer telah menyala dan setelah beberapa jam kemudian langsung mati,. lebih baik periksalah posisi dari heatsink fan, biasanya karena guncangan atau apapun, jika kaki fan menggunakan plastik / fiber kadang-kadang kaki fan tersebut bisa saja patah, dan tergeser dari posisi yang mana seharusnya menempel kuat  dengan processor. kalo kaki fan patah, lebih baik gantilah sesuai dengan yang lebih baik. jangan lupa untuk memeriksa ukuran fan jika ingin membeli baru. karena tidak semua fan sama.
  7.  apabila komputer tidak menyala sama sekali,. lebih baik periksalah posisi jumper bios, karena jika posisinya salah, maka komputer tak akan menyala total. segera copot dari posisi clear dan pasang pada posisi cmos.
  8.  
semoga berguna. lebih baik mencegah rusak parah daripada rusak selamanya dan data penting hilang semua

No comments:

Post a Comment