21 March 2014

Install Owncloud Cloud Server di Ubuntu 12.04 Server LTS

Jaman sekarang merupakan jamannya Cloud Computing. Salah satu implementasi dari sistem Cloud Computing adalah menjamurnya berbagai layanan Cloud Storage di internet, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa contoh yang terkenal adalah Dropbox, Ubuntuone, Skydrive, dan Google Drive.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara pembuatan sebuah Cloud Server pribadi di Ubuntu 12.04 Server dengan menggunakan aplikasi Owncloud.


Owncloud merupakan salah satu aplikasi Cloud Storage Open Source yang memiliki beberapa fitur yang cukup bagus. Diantaranya adalah fitur Sinkronisasi otomatis dengan komputer, web, dan bahkan Smartphone. Selain itu Owncloud juga memiliki fitur sinkronisasi kontak dan kalender langsung ke Android.

Untuk instalasi Owncloud di Ubuntu 12.04 Server, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Instal terlebih dahulu webserver di komputer kalian :

$ sudo apt-get install apache2 php5 mysql-server phpmyadmin

Nanti akan muncul beberapa pertanyaan untuk mengisi password dan sebagainya, isikan saja sesuai petunjuk yang ada. Jika kalian tidak tahu, silahkan lihat caranya pada artikel saya di Cara Instalasi Webserver di Debian

2. Download paket Owncloud terbaru :

$ wget http://download.owncloud.org/community/owncloud-6.0.2.tar.bz2

3. Setelah download selesai, Ekstraklah file owncloud-6.0.0a.tar.bz2 dengan perintah ini :

$ tar -xvf owncloud-6.0.0a.tar.bz2

4. Kopikan folder owncloud hasil ekstraksi ke dalam direktori webserver kalian sekaligus berikan juga hak kepemilikan direktori tersebut menjadi milik user www-data :

$ sudo cp -R owncloud /var/www
$ sudo chown -R www-data.www-data /var/www/owncloud


5. Selanjutnya kalian harus membuat database sekaligus usernya khusus untuk menghandle aplikasi owncloud. Login terlebih dahulu ke Mysql :

$ mysql -u root -p
mysql> CREATE DATABASE dbowncloud;
mysql> CREATE USER owncloud;
mysql> SET PASSWORD FOR owncloud = PASSWORD("123");
mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON dbowncloud.* TO owncloud@localhost IDENTIFIED BY '123';
mysql> FLUSH PRIVILEGES;


nb : untuk yang saya tandai berwarna merah dan biru, silahkan kalian ganti sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.

6. Sekarang tinggalkan komputer server kalian, lalu bukalah web browser dari komputer klien dan arahkan ke alamat http://ipserver/owncloud kemudian isikan data-data yang diperlukan. Untuk username dan password admin, bisa diisikan terserah kalian. Sedangkan untuk informasi koneksi database, sesuaikan dengan database yang sudah kalian buat sebelumnya pada step 5. Jika sudah klik Finish Setup :


Pastikan tidak ada pesan error apapun ketika instalasi.

7. Berikut adalah tampilan ketika kalian sudah berhasil login ke dalam owncloud :


Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment