19 April 2014

Instalasi dan Penggunaan Multisystem, Cara membuat USB Multiboot di Ubuntu

Setelah menabung beberapa bulan, akhirnya kesampaian juga untuk bisa membeli USB Flashdisk ukuran 16GB. Tujuan utama saya membeli flashdisk berukuran yang cukup besar ini, adalah untuk menjadikannya sebagai tempat boot berbagai OS, atau yang sering disebut sebagai multiboot.

Untuk membuat multiboot dalam 1 buah USB flashdisk di Ubuntu, kita dapat menggunakan aplikasi Multisystem. Untuk instalasi Multisystem di Ubuntu, berikut cara-caranya :

1. Download terlebih dahulu file installernya disini.

2. Buka dan ekstraklah file install-depot-multisystem.sh.tar.bz2 yang barusan kalian download hingga kalian mendapatkan satu file bernama install-depot-multisystem.sh.

3. Berikan hak executable dan jalankan file tersebut :

$ chmod +x /letakfile/install-depot-multisystem.sh
$ ./letakfile/install-depot-multisystem.sh



4. Jika diminta untuk memasukkan password, isikan saja password kalian. Kemudian tunggu hingga proses instalasi multisystem selesai.


5. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi Multisystem melalui Dash Home :


6. Pastikan USB Flashdisk kalian sudah di format dan menggunakan filesystem fat32. Jika dilakukan dengan benar, maka nanti flashdisk kalian akan terbaca seperti ini :


Pilihlah Flashdisk kalian, kemudian klik Confirm

7. Untuk membuat installer baru, silahkan klik tanda yang saya arahkan dengan mouse saya (lihat gambar dibawah), lalu pilihlah file iso kalian :


8. Jika diminta memasukkan password, silahkan isikan saja. Kemudian tunggu hingga proses pembuatan installer selesai.


9. Untuk membuat installer-installer lainnya, caranya sama saja. Tinggal lakukan berulang kali.


10. Kalian bisa mengetes installer kalian ini sudah berjalan dengan baik atau belum dengan mengklik menu Boot > Test your liveUSB in qemu



Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment