25 May 2014

Membuat Simulasi D Flip-Flop Counter dengan Logisim di Ubuntu

Mulai hari ini, Linuxku.com akan memliki satu buah kategori baru bernama Elektronika. Ini akibat dari jurusan kuliah yang saya ambil ternyata banyak membahas tentang elektronika, baik itu analog maupun digital. Oleh karena itu, seperti biasa, agar saya tidak lupa dengan apa yang sudah saya pelajari, saya akan membagikannya di blog ini. Oh iya, pastinya saya akan menggunakan aplikasi non bajakan. Semoga kalian para pecinta elektronika bisa senang dengan apa yang saya tulis.

Untuk tulisan pertama mengenai elektronika digital, saya akan memberikan cara bagaimana membuat simulasi rangkaian D Flip-Flop asinkron Counter menggunakan aplikasi Logisim.

Logisim adalah salah satu aplikasi open source yang dapat melakukan simulasi berbagai rangkaian digital sederhana. Asiknya, aplikasi ini sudah tersedia di repositori resmi Ubuntu. Jadi kalian tinggal menginstall saja aplikasi ini dengan mengetikkan perintah berikut di terminal :

$ sudo apt-get install logisim


Yuk, setelah logisim terinstall, sekarang kita coba buat satu buah rangkaian D Flip-Flop Counter Modulo 2. Inti dari rangkaian ini adalah, kita dapat menghitung output sebanyak 2 kombinasi. Yaitu 0 dan 1. Untuk penjelasan lebih lengkap apa itu rangkaian D Flip-Flop Counter Modulo 2, bisa kalian cari sendiri ya di google. :)

1. Kita masuk ke langkah pertama. Jalankan aplikasi logisim, lalu arahkan ke kategori Memory, kemudian drag komponen D Flip Flop ke layar skema. Cara ini berlaku untuk menambahkan komponen manapun.


2. Lalu, cara untuk membuat kabel penghubung adalah dengan mengklik pada titik komponen yang ingin kalian hubungkan (lihat tanda panah). Titik tersebut bisa berwarna biru atau hijau. Ini berlaku untuk komponen apa saja di Logisim.


Setelah kalian klik, tinggal seret saja mouse kalian sehingga nanti akan terbentuk jalur kabel sendiri. Selanjutnya tinggal arahkan saja kabel tersebut pada komponen yang ingin kalian hubungkan.

Disini, kalian perlu menghubungkan D dengan QBAR. Lalu tarik juga kabel dari Q untuk kita hubungkan ke output nantinya.


3. Ambil komponen Clock dari kategori Wiring dan komponen LED dari kategori Input/Output. Lalu hubungkan komponen Clock pada input clock D Flip-Flop dan hubungkan LED pada output Q.


4. Simulasikan rangkaian tersebut dengan mengklik menu Simulate > Ticks Enabled. Atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + K.


Rangkaian pun akan berjalan menghitung 0 dan 1.



Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment