13 May 2014

Pembuatan Formulir Dengan Google Docs

Bagi anda para penjual barang online ataupun penyelenggara kegiatan yang memerlukan pembuatan formulir baik dari anggota ataupun member yang akan terdaftar dalam data anda, sekarang ada solusinya tanpa harus memerlukan website pribadi.
Memang benar kata orang di google semuanya ada. Tanpa perlu repot-repot memiliki server sendiri dalam dunia database internet, kita bisa memilikinya dengan gratis.

Langsung saja ke google docs
Klik file, new, form
Anda akan masuk ke page pembuatan formulir
Sebenarnya jika  anda masuk via google drive pun bisa. Tinggal klik create, dan pilih form.
Di page ini silahkan anda pilih template yang diinginkan lalu berkreasi sebaik mungkin untuk menarik tampilannya.
Dalam pembuatan formulir silahkan pilih kriteria yang akan dibuat, tipe data, dan kepentingan yang akan dibutuhkan untuk database.
Setelah semua terpenuhi silahkan klik done dan anda akan memperoleh link untuk ditempel pada situs yang memerlukan formulir tersebut. Misalnya dengan menambahkan html pada tombol sbb:

Klik done
Lalu muncul pilihan tujuan tanggapan. Klik create.

Setelah semuanya terselesaikan tinggal kita mengubah sedikit pada notifikasi email nanti setelah ada yang memasuki formulir ini.
Masuk ke google drive pilih google docs formulir (responses) yang dibuat tadi, maka akan muncul page baru database dari google docs formulir tersebut.
Silahkan pilih tools dan klik notification rules.
Silahkan ceklist seperlunya, yang terpenting ada yang isi formulir dan kita akan mengetahui dengan cepat. Karena penting untuk masalah konfirmasi. Ok dan done
Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment