13 July 2014

Install Conky Google-Now di Ubuntu

Hari ini lagi iseng-iseng pengen ganti suasana desktop dan tidak sengaja ketemu tema conky yang cukup keren, yaitu conky yang bertema ala Google bernama Conky Google-Now. Berikut adalah screenshotnya :


Simpel tapi keren kan? Memang tidak banyak informasi yang ditampilkan seperti tema conky kebanyakan. Tapi justru disitu menurut saya letak keindahannya.

Nah, kalau kalian ingin mencoba tema conky yang satu ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Install terlebih dahulu aplikasi conky dan curl dengan mengetikkan perintah berikut ini :

$ sudo apt-get install conky conky-all curl

2. Setelah itu download file tema conkynya dari Devianart dengan mengklik link dibawah ini :


3. Berikutnya, ekstraklah file yang sudah kalian download barusan. Kemudian masuklah kedalam folder yang muncul dari hasil ekstraksi.


Tekan CTRL + H untuk menampilkan file-file yang tersembunyi. Silahkan kalian kopi direktori .conky-google-now dan salah satu file .conkyrc yang kalian suka ke direktori home. Kalian bisa memilih tema yang memakai background putih, gelap, maupun transparan tergantung dari penamaan si filenya (contoh : .conkyrc-transparent untuk tema yang transparan). Tapi ingat, jika kalian memilih tema yang selain bernama .conkyrc (contoh : .conkyrc-transparent), maka kalian harus mengubah namanya menjadi .conkyrc saat dikopi nanti. Disini saya akan mengkopi yang .conkyrc-transparent dan direktori .conky-google-now ke home folder saya.


Kemudian setelah dikopi, saya harus merubah namanya menjadi .conkyrc.


4. Langkah selanjutnya, kalian perlu menginstall font open-sans untuk membuat tampilan conky kalian mirip seperti screenshot yang saya tampilkan di awal artikel ini. Download terlebih dahulu fontnya dari link ini.

Jika sudah, ekstraklah file tersebut kemudian kopikan seluruh file yang berekstensi .ttf didalamnya, ke direktori .fonts di home folder kalian. Jika belum ada folder bernama .fonts, buat terlebih dahulu.


5. Selanjutnya, pergilah ke alamat weather.yahoo.com lalu cari kota tempat kalian tinggal. Setelah itu kopikan kode cuaca yang terdapat di alamat urlnya. Sebagai contoh untuk lokasi Bandung dapat terlihat seperti gambar berikut :


6. Buka file .conkyrc dengan gedit atau text editor lain, lalu cari kata kunci 2294941 dengan menekan tombol CTRL + F. Ganti nomor tersebut dengan nomor yang sudah kalian kopi dari weather.yahoo.com tadi. Jika sudah simpan dan tutup file tersebut.


7. Selanjutnya kita harus membuat conky autostart setiap komputer dinyalakan.

Untuk kalian yang menggunakan Desktop Environment Unity : Pergilah ke Dash Home > Cari aplikasi Startup Applications > klik Add > Isikan conky pada kolom Name dan Command.

Untuk kalian yang menggunakan Desktop Environment GNOME 3.12 : Pergilah ke folder Home > .config > autostart. Lalu buat satu file bernama Conky. Setelah itu klik kanan dan pilih Properties pada file tersebut. Isikan conky pada kolom Command.


8. Terakhir restartlah komputer kalian untuk memastikan bahwa seluruh konfigurasi sudah berhasil. Jika kalian melakukannya dengan benar, seharusnya sekarang di layar desktop kalian sudah muncul Conky Google-Now seperti yang terlihat pada layar screenshot saya diatas.

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

No comments:

Post a Comment