23 September 2014

Bongkar Pasang Baterei Laptop




cara bongkar baterei laptop / notebook / netbook
1. siapkan baterei yang sudah di lepas dari laptop
2. siapkan obeng minus (-)
3. mulai beraksi

silahkan perhatikan gambar di bawah. saya akan menulis

x = posisi baterei dekat dengan pin / soket listrik
y = posisi baterei jauh dari pin / soket listrik
pertama-tama masukkan obeng secara perlahan. di sini mendingan memakai kuku, karena penentuan titik bongkar agak sulit dan harus teliti. supaya tidak hancur berantakan batereinya.
ambil posisi y dan perhatikan ada garis tipis untuk membuka casing, di sini saya menggunakan kuku dan di sambut dengan obeng minus.
silahkan masukkan obeng dan gerakkan secara perlahan dan hentakkan ke kiri dan kanan, sampai bunyi klek. hati-hati ada yang patah. setelah itu ambil posisi terus sampai garis linier dari posisi y tersebut hingga semuanya terbuka. setelah itu menuju posisi x melalui samping dahulu. pakai obeng sampai terbuka posisi kanan kiri lalu menuju posisi x. perlahan tapi pasti, dan butuh tenaga dalam dan hati yang mantap dalam membuka casing baterei ini.
setelah terbongkar casing. pakailah obeng lagi untuk membongkar baterei dari tempatnya. karena baterei dipasang lem, dan agak susah untuk melepasnya.
nah di sini bisa di cek dengan multi tester posisi pada 10v - 50v DC. jika baterei anda memang soak maka tak ada sinyal di sana. jika ada silahkan berkreasi sendiri. banyak ilmu yang terkandung di dalamnya.

No comments:

Post a Comment