12 November 2014

Install Arduino IDE di Ubuntu 14.04 LTS

Mulai dari beberapa waktu yang lalu saya sudah memutuskan untuk memulai hobi baru saya yaitu Arduino. Arduino saya pilih karena benda ini sangat berhubungan dengan materi-materi kuliah saya dan juga ilmu Linux serta ilmu jaringan yang sudah lebih dahulu saya sukai. Mempelajari Arduino sama saja dengan mempelajari elektronika, pemrograman, dan jaringan sekaligus yang hebatnya menggunakan software dan hardware yang open source.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Arduino, simpelnya Arduino adalah sebuah perangkat elektronik dan software berbasis open source yang dapat membuat suatu input memberikan efek pada outputnya. Input disini bisa kita buat dari berbagai macam perangkat seperti keyboard, mouse, joystick, sensor, dll. Sedangkan outputnya pun bisa kita buat dari berbagai macam perangkat pula seperti display dot matrix, speaker, DC-Motor, tampilan web, dll. Pernah mendengar istilah mikrokontroller? Ya, salah satunya itulah Arduino. Untuk info lebih lengkap mengenai Arduino kalian bisa langsung menuju web resminya di www.arduino.cc


Untuk artikel pertama mengenai Arduino saya akan membahas cara instalasi Arduino IDE di Ubuntu 14.04 LTS. Arduino IDE adalah software untuk memprogram si perangkat Arduino yang kita miliki.

Catatan : Di artikel ini saya menganggap kalian sudah mempunyai perangkat Arduino dan tahu bagaimana cara mengkoneksikan Arduino ke komputer menggunakan port USB (seperti port USB untuk mengkoneksikan printer dengan komputer).

1. Download terlebih dahulu software Arduino IDE di situs resminya : http://arduino.cc/en/Main/Software. Pilihlah versi yang sesuai dengan arsitektur komputer kalian masing-masing.

2. Setelah terdownload, pindahkan file hasil download ke home direktori kalian kemudian ekstraklah file tersebut. Setelah itu pindahkan folder hasil ekstraksi ke direktori /opt. Untuk mengekstraknya, gunakan cara yang biasa saja. Sedangkan untuk memindahkan sang folder hasil ekstraksi ke /opt gunakan cara ini :

$ sudo mv arduino-1.0.6 /opt

3. Selanjutnya buat shortcut aplikasinya agar bisa kalian eksekusi dengan mudah dengan mengeksekusi perintah ini :

$ sudo ln -s /opt/arduino

4. Jangan lupa berikan hak akses executable :

$ sudo chmod +x arduino

5. Sekarang saatnya untuk mengkoneksikan arduino kalian ke komputer. Di Ubuntu, koneksi Arduino akan terbaca di /dev/ttyACM0 jika kalian hanya memiliki satu buah Arduino. Jika memiliki lebih dari satu, maka kalian tinggal ganti angka ACM0 jadi ACM1 dan seterusnya. Disini kita harus memberikan hak akses baca dan tulis pada alamat device tersebut dengan perintah ini :

$ sudo chmod +rw /dev/ttyACM0


Catatan : Jika nanti kalian cabut Arduino kemudian kalian koneksikan ulang, kadang /dev/ttyACM0 akan berubah jadi /dev/ttyACM1. Maka kalian harus melakukan chmod ulang ke alamat ttyACM1. Jika dicabut dan dikoneksikan ulang lagi, kadang dia akan kembali ke alamat /dev/ttyACM0. Seperti biasa kalian harus melakukan chmod ulang. Kejadian diatas akan berulang secara terus menerus sebanyak kalian melakukan cabut colok si Arduino.

6. Langkah terakhir kalian tinggal menjalankan sang Arduino IDE dengan mengeksekusi perintah ini di Terminal :

$ ./arduino

Jika berhasil maka akan tampil jendela seperti berikut :


Untuk mengetes apakah Arduino sudah terkoneksi dengan komputer adalah dengan melihat menu Tools > Serial Port. Seharusnya muncul /tty/ACM0 disana.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment