22 November 2014

Tutorial Arduino : Membuat LED Flasher

Ini adalah tutorial pertama saya tentang Arduino. Kenapa tiba-tiba ada Arduino di blog Linux ini? Awalnya karena Saya sendiri memang sedang mempelajari Arduino secara lebih dalam. Sehingga seperti yang pernah saya katakan di awal pembuatan blog ini, saya membutuhkan blog ini adalah sebagai buku bacaan saya ketika saya lupa. Nah untuk itu semoga kalian para pembaca linuxku.com tidak merasa kecewa dengan adanya tulisan dengan tema baru di blog ini, malah saya harap dengan adanya tema baru ini dapat membuat kalian memiliki wawasan baru mengenai dunia elektronik dan kontrol. :)

Ini merupakan tutorial dasar untuk Arduino, sangat cocok untuk newbie. Sifat tutorial-tutorial Arduino saya mulai tulisan ini sampai nanti akan sangat praktis, dimana saya tidak akan menjelaskan secara gamblang hal-hal kecil yang sudah saya cantumkan di bagian Prasyarat. Jika kalian ingin benar-benar memahami atau bahkan bagi kalian yang belum memiliki pengetahuan-pengetahuan yang saya cantumkan di prasyarat, lebih baik kalian baca terlebih dahulu ebook yang saya cantumkan di bagian Referensi. Di buku itu semuanya sudah dijelaskan secara rinci dari nol, dari sama sekali tidak tahu apa itu elektronik, listrik, maupun pemrograman.

Tujuan :

Menyala-matikan (berkedip) sebuah LED dengan Arduino

Prasyarat :

- Memiliki pengetahuan dasar elektronika digital
- Memiliki pengetahuan dasar komponen elektronika
- Memiliki pengetahuan dasar pemrograman
- Sudah punya perangkat Arduino UNO R3 atau kloningannya (minimum) + kabel USB yang biasanya suka dipakai di Printer untuk digunakan sebagai koneksi Arduino ke Komputer.
- Sudah install Arduino IDE dan sudah mengetahui cara mengkoneksikan Arduino ke komputer. Jika kalian menggunakan Ubuntu, bisa lihat postingan saya yang ini : Install Arduino IDE di Ubuntu

Referensi :

Beginning Arduino, 2nd Edition

Komponen yang diperlukan :


Cara memasang rangkaian :


Program :

/*
Project 1: LED Flasher
14 November 2014
*/

int ledPin = 10; //deklarasi LED dipasang di pin 10
void setup(){ //membuat fungsi yg hanya dijalankan sekali
pinMode(ledPin, OUTPUT); //membuat pin 10 sebagai output
}

void loop(){ //membuat fungsi looping (program utama)
digitalWrite(ledPin, HIGH); //menyalakan LED
delay(1000); //memberi delay 1000ms/1s
digitalWrite(ledPin, LOW); //mematikan LED
delay(1000);
}


Source Code :

LED Flasher

Langkah-Langkah :

1. Siapkan semua komponen yang dibutuhkan, lalu rangkai komponen-komponen tersebut seperti pada gambar.
2. Bukalah aplikasi Arduino IDE kemudian ketikkan kode programnya.
3. Setelah selesai, klik Verify dan pastikan tidak ada pesan error. Jika ada pesan error biasanya sangat jelas diberitahu dibagian mana yang salah dan apa yang salah.


4. Hubungkan Arduino ke komputer, pastikan sudah terbaca serial portnya di bagian Tools > Serial Port, lalu klik Upload


5. Lihat hasilnya.

Penjelasan :

Inti dari program ini adalah, pertama kita deklarasikan terlebih dahulu pin mana yang terpasang LED, yaitu pin 10. Kemudian pin 10 tersebut harus dibuat sebagai mode OUTPUT, karena LED ini memang output dari rangkaian kita. Kemudian kita buat looping (perulangan) dimana kita nyalakan LED (diberi tegangan HIGH kira-kira sebesar 5V) lalu di beri delay 1 detik setelah itu LED dimatikan dan diberi delay 1 detik lagi. Begitu seterusnya.

Mohon maaf untuk tutorial yang ini masih belum ada hasil videonya, tapi next tutorial pasti akan saya beri video hasil dari programnya.

Semoga bermanfaat :)

Sumber

Beginning Arduino, 2nd Edition - Michael McRoberts
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive