22 May 2015

Membuat Page Number / Nomor Halaman Berbeda Pada Microsoft Word

Menampilkan nomor halaman berbeda antara satu halaman dengan halaman berikutnya pada Microsoft Word memang gampang-gampang susah terutama harus mempunyai pengetahuan dasar tentang hal tersebut. Hal ini didasari pada saat pembuatan halam pengabsahan, halaman judul, halaman daftar isi dan lainnya dalam bentuk nomor halaman romawi sedangkan untuk halaman isi, pendahuluan atau Bab 1 harus berupa angka bilangan asli. Oleh karena itu, maka berikut ini merupakan tutorial membuat page number / nomor halaman berbeda satu dengan yang lainnya.

Insert Page Number seperti biasa pada menu Insert, Lalu pilih posisi yang akan ditampilkan nomor halaman tersebut. Setelah itu pilih Format Page Number untuk memilih bentuk nomor halaman angka romawi dan lainnya.
Setelah itu keluar dari Design Page Number untuk berpindah ke halaman berikutnya yang akan dibuat nomor halaman berbeda dengan sebelumnya, misalnya angka bilangan asli yang dimulai dari nomor 1.
Caranya yaitu dengan klik menu Page Layout dan pilih Break lalu pilih Next Page. Logikanya adalah bahwa halaman berikutnya akan dipisahkan dengan halaman sebelumnya.
Setelah itu, klik 2 kali pada nomor halaman yang selanjutnya tadi (kedua) hingga muncul Design, lalu klik Link To Previous untuk menonaktifkannya.
Setelah itu, klik kanan pada angka romawi pada halaman selanjutnya tadi (kedua) dan pilih Format Page Number, Lalu pilih angka yang berbeda dengan nomor halaman sebelumnya. Agar nomor halaman dimulai dari nomor pertama, maka klik pada Start at nomor "1". Jika ingin merubah nomor halaman ini posisinya di bawah, maka dapat digunakan menu Design Top of Page atau Bottom of Page. dan nomor halaman pun sudah selesai dirubah.
Berikut adalah hasilnya.
Page Break ini sebenarnya bisa juga digunakan untuk memisahkan Bab I dengan Bab II agar setiap melakukan delete ataupun enter tidak akan berpengaruh pada halaman Bab II.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment