19 February 2016

Apa perbedaan sinyal analog dengan sinyal digital dalam komunikasi data ?

Jawab :
 Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelomang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Sinyal analog memiliki bentuk yang menyerupai sebuah gelombang.
 Sinyal digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital memiliki bentuk berupa pulsa dan bentuk dari sinyal digital itu sendiri dapat mengalami perubahan secara tiba-tiba.



a. Sinyal Analog.
Gelombang elektromagnetik kontinous yang disebar melalui suatu media, tergantung pada spektrumnya. Memiliki amplitude yang merupakan sinyal pada satu ukuran waktu dan frekuensi yang merupakan banyaknya gelombang per detik.
b. Sinyal Digital.
Serangan tegangan yang dapat ditransmisikan melalui suatu medium kawat. Tersusun atas dua keadaan yang disebut bit, yaitu keadaan 1 yang berarti aktif dan 0 non aktif.

analog - digital
- Dirancang untuk suara - Dirancang untuk data dan suara
- Rentan kesalahan - Lebih aman dari kesalahan disbanding dengan analog
- Kecepatan rendah - Kecepatan tinggi
- Overhead tinggi - Overhead rendah

 Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
 Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.

2. Sinyal analog memiiki bentuk yang menyerupai sebuah gelombang secara continue, sedangkan sinyal digital itu sendiri memiliki bentuk berupa pulsa 0 dan 1 dan bentuk dari sinya digital itu sendiri dapat mengalami perubahan secara tiba-tiba.

No comments:

Post a Comment