05 February 2016

SEBUTKAN FAKTOR YANG MENGGANGGU YANG BERKAITAN DENGAN SISTEM KEAMANAN KOMPUTER! BERIKAN CONTOH DAN CARA PENANGGULANGANNYA!

Jawab :

FAKTOR KEAMANAN KOMPUTER :

Meningkatnya pengguna komputer dan internet
Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
Banyaknya software-software untuk melakukan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.

Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani, sementara SDM terbatas.
Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer.
Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs)


PENANGGULANGAN :



Jangan download executables file atau dokumen secara langsung dari Internet apabila anda ragu-ragu asal sumbernya.
Jangan membuka semua jenis file yang mencurigakan dari Internet.
Jangan install game atau screen saver yang bukan asli dari OS.
Kirim file mencurigakan via email ke developer Antivirus untuk dicek.
Simpan file dokumen dalam format RTF (Rich Text Format) bukan *.doc (Apabila anda merasa ada masalah pada program Office)
Selektif dalam mendownload attachment file dalam email.


Faktor-Faktor Penyebab Resiko Dalam Komputer
• Kelemahan manusia (human error)
• Kelemahan perangkat keras komputer
• Kelemahan sistem operasi jaringan
• Kelemahan sistem jaringan komunikasi
Mencegah Terjadinya Serangan pada Komputer
Terdiri dari 4 faktor yang merupakan cara untuk mencegah terjadinya serangan atau kebocoran sistem :
1. Desain sistem : desain sistem yang baik tidak meninggalkan celah-celah yang memungkinkan terjadinya penyusupan setelah sistem tersebut siap dijalankan.
2. Aplikasi yang Dipakai : aplikasi yang dipakai sudah diperiksa dengan seksama untuk mengetahui apakah program yang akan dipakai dalam sistem tersebut dapat diakses tanpa harus melalui prosedur yang seharusnya dan apakah aplikasi sudah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang.
3. Manajemen : pada dasarnya untuk membuat suatu sistem yang secure tidak lepas dari bagaimana mengelola suatu sistem dengan baik. Dengan demikian persyaratan good practice standard seperti Standard Operating Procedure (SOP) dan Security Policy haruslah diterapkan di samping memikirkan hal teknologinya.
4. Manusia (Administrator) : manusia adalah salah satu fakor yang sangat penting, tetapi sering kali dilupakan dalam pengembangan teknologi informasi dan dan sistem keamanan. Sebagai contoh, penggunaan password yang sulit menyebabkan pengguna malah menuliskannya pada kertas yang ditempelkan di dekat komputer. Oleh karena itu, penyusunan kebijakan keamanan faktor manusia dan budaya setempat haruslah sangat dipertimbangkan.



– factor fisik data data yg tersimpan dapat tergangganggu keamananya,yaitu dipengaruhi beberapa factor,contohnya: terjadinya bencana yang menyebabkan hilangnya data data yang tersimpan di Data Center suatu lembaga atau yang lainnya, cara penaggulangan anda bias menyimpan atau menduplikat data-data penting ke system internet(google drive).

- faktor softwere Suatu data akan hilang atau rusak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor,yang kali ini adalah faktor software. Contoh adalah terkenanya virus. Cara penaggulangan memasang anti virus.

-faktor manusia Salah satunya adalah Social Engineering. Sosial Engineering adalah sebuah teknik menipu manusia lain. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Tidak hanya berupa uang atau harta benda saja, melainkan banyak hal seperti misalnya informasi, kekuasaan, Cara penggulanagn mggunakan password,embuat kode-kode yang sulit pada computer.

No comments:

Post a Comment