21 February 2016

Sebutkan perbedaan protocol antara TCP/IP dengan OSI !

Jawab :
 OSI layer memiliki 7 buah layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 Layer
 TCP/IP layer merupakan “Protocol Spesific”, sedangkan OSI Layer adalah Protocol Independen.3
 Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan sessiondirepresentasikan kedalam 1 lapisan Layer TCP/IP,yaitu layer
 Semua standard yang digunakan pada jaringan TCP/IP dapat diperoleh secaracuma-cuma dari berbagai komputer di InterNet, tidak seperti OSI
 Perkembangan ISO/OSI tersendat tidak seperti TCP/IP



OSI layer memiliki 7 buah layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 layer.
- TCP/IP layer merupakan “ Protocol Spesific”, sedangkan OSI layer adalah protocol independen.
- Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan session direpresentasikan ke dalam 1 lapisan layer TCP/IP, yaitu layer.
- Semua standard yang digunakan pada jaringan TCP/IP dapat di peroleh secara cuma-cuma dari berbagai komputer di InterNet, tidak seperti OSI.
- Perkembangan ISO/OSI tersendat tidak seperti TCP/IP.
- Untuk jangka panjang, kemungkinan TCP/IP akan menjadi standart dunia jaringan komputer, tidak seperti OSI.
- OSI mengembangkan modelnya berdasarkan teori, sedangkan TCP mengembangkan modelnya setelah sudah diimplementasikan.
- TCP/IP mengombinasikan presentation dan session layer OSI ke dalam application layer.
- TCP/IP mengombinasikan data link dan physical layers OSI ke dalam satu layer.
- TCP/IP lebih sederhana dengan 4 layer.
- TCP/IP lebih kredibel karena protokolnya. Tidak ada network dibangun dengan protokol OSI,walaupun setiap orang menggunakan model OSI untuk memandu pikiran mereka.

Perbedaan nya ialah TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
Sedangkan OSI merupakan suatu model konseptual yang terdiri atas tujuh layer, yang masing-masing layer tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Perbedaan TCP/IP dengan OSI Layer diantaranya :
a. Didalam TCP/IP hanya ada satu layer yaitu Application Layer, sedangkan OSI Layer terdapat tiga layer yang berkaitan dengan Aplikasi ( Application, Presentation, dan Session )
b. Pada TCP/IP proses komunikasi data dimodelkan dalam satu layer yaitu Network Access, sedangkan OSI Layer dimodelkan dalam dua layer ( Data Link dan Physical Layer )
c. Dalam menjelaskan proses komunikasi data di dalam jaringan TCP/IP hanya memiliki empat layer, sedangkan OSI Layer memiliki tujuh Layer.
d. TCP/IP mempunyai protokol komunikasi data standar, sedangkan OSI Layer tidak memiliki protokol komunikasi data standar.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive