20 July 2016

Cara membuat Halaman / Pages dari Widget Archive dalam Blog

Cara ini sangat membantu khususnya saya dalam memindahkan widget seperti Archive Blog, Label, Populer Posts dari sidebar ke dalam Page atau Halaman blog. Kenapa sangat penting? karena ini juga merupakan syarat mutlak agar bisa diterima oleh Google Adsense dan membantu pengunjung dalam mencari informasi dari web tersebut. Awalnya saya sedang mencari cara untuk menambahkan halaman arsip di blogger. Secara khusus ada dalam pikiran saya menambahkan Blog Archive gadget ke halaman. Dari pencarian google saya lakukan saya menemukan artikel ini dari bloggerbuster dalam Creating an Archives Page in Blogger. Ini posting yang baik, dan halaman arsip terlihat baik (lebih baik daripada Blog Archive gadget), tapi di sisi negatifnya itu perlu dipertahankan secara manual. Kemudian saya mendapatkan dan Gadgets Apps Hacks dalam Creating an automatic archive page in Blogger yang mana Archive dapat diperbarui secara otomatis.


Lalu bagaimana cara menempatkan Archive Blog yang ada di samping atau side bar bisa pindah ke dalam halaman mari kita perhatikan langkah berikut ini. Saya menemukan hal ini mudah diterapkan, seperti yang Anda lihat pada halaman Arsip dalam web ini di bar tab di atas. Saya akan meringkas langkah di sini, hal ini pun agar saya akan ingat bagaimana melakukan teknik ini. Mudah-mudahan orang lain juga dapat menemukan pendekatan ini untuk menambahkan halaman arsip atau Archive Blog.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Tambahkan Blog Archive widget tepat di bawah Blog Posts widget atau main post. Hal ini penting untuk menampilkan ke depannya. Kunjungi Layout dan klik Add Gadget (tidak peduli yang mana). Gulir ke bawah dan memilih Blog Archive widget. Anda hanya dapat memiliki satu, jadi jika Anda sudah punya Blog Archive widget di sidebar, lanjutkan.

2. Memodifikasi template Anda sehingga Blog Archive widget hanya ditampilkan pada halaman Arsip

3. Tambahkan halaman Arsip kosong untuk blog Anda
masuk Pages di dashboard dan menambahkan Blank Page baru. Berikan Nama. Pastikan daftar halaman ditampilkan di suatu tempat. Ingatlah untuk klik Simpan pengaturan. Sekarang melihat blog Anda dan pergi ke halaman baru. Halaman ini harus kosong. Salin URL dari browser Anda. seperti dalam web ini http://www.sayabisa.com/p/archive.html

4. Tempatkan Blog Archive widget tepat di bawah Blog Posts widget
Jika Anda tidak melakukannya, maka cara ini tidak akan bekerja. Dalam kasus ini saya ingin agar bisa masuk pada halaman arsip khusus. Setelah Anda menambahkan widget, drag ke Blog Posts widget tepat di bawah itu.
Sejauh ini semuanya telah mudah. Anda telah menambahkan sebuah halaman Arsip kosong, dan Anda telah menambahkan Blog Archive widget dengan cara yang muncul pada setiap halaman dan posting di Blog Anda tepat di bawah Blog Post. Sebelum Anda pindah ke langkah berikutnya, pastikan Anda memiliki Blog Archive widget dikonfigurasi seperti yang Anda inginkan.

5. Memodifikasi template Anda sehingga Blog Archive widget hanya ditampilkan pada halaman Arsip, yaitu dengan cara:
Dari Template di Dashboard Anda, klik Edit HTML. Membuat salinan template Anda khawatir terjadi sesuatu yang tidak beres. Sekarang mencari </ b: skin> dalam HTML. Tambahkan baris setelah tag itu, dan menambahkan konten berikut:
<b:if cond="data:blog.url == "http://www.sayabisa.com/p/archive.html"">
<style>
#Blog1{
display:none;
}
</style>
</b:if>

<b:if cond="data:blog.url != "http://www.sayabisa.com/p/archive.html"">
<style>
#BlogArchive1{
display:none;
}
</style>
</b:if>
Pada dasarnya ini mengatakan - jika halaman yang dilihat adalah halaman arsip, maka yang akan tampil adalah Blog Archive. Jika halaman yang dilihat bukan halaman arsip, maka menyembunyikan Blog Archive widget. Anda harus mengganti URL yang muncul di dua tempat dengan satu untuk arsip halaman Anda sendiri yang Anda simpan di langkah 3. Pastikan untuk copy / paste persis seperti yang ditunjukkan di atas, hanya mengganti url. Jangan mengganti & quot; dengan tanda kutip atau itu tidak akan berhasil.

Pendekatan ini mengasumsikan bahwa Blog Post widget memiliki Blog1 id, dan Blog Archive widget memiliki id BlogArchive1. Ini telah berlaku untuk semua blog Blogger yang sudah saya cek sejauh ini. Anda dapat memeriksanya sendiri apakah hal itu benar untuk Anda.

Setelah menyimpan perubahan ini ke template, lihatlah blog Anda, dan Anda akan melihat Blog Archive widget ketika Anda mengunjungi halaman Arsip Anda. Ketika Anda mengunjungi halaman lain atau post lain di Blog Anda, Blog Archive widget pasti tersembunyi. Salah satu efek samping adalah bahwa widget akan juga tidak lagi terlihat ketika Anda mengunjungi Layout dari Dashboard Anda. Jika Anda ingin mengubah konfigurasi widget, pertama-tama Anda perlu mengedit template Anda dan menghapus konten di atas. Kemudian Anda dapat mengedit widget, dan menambahkan kembali konten untuk template Anda.

Blog Archive widget bukan cara tercantik menunjukkan arsip di Blog Anda. Tapi itu memiliki keuntungan penting dari diperbarui secara otomatis dengan posting blog baru. Dan jika Anda mengikuti langkah-langkah ini Anda harus dapat menambahkan widget ini ke halaman sendiri di Blog Anda. Komentarlah jika Anda mengalami masalah dengan alamat blog Anda dan saya akan melihat apakah saya dapat membantu.
Semoga dapat membantu

No comments:

Post a Comment